Pemasangan Spanduk Larangan Kampanye Diapresiasi

11 Januari 2019 23:33 wib
Spanduk Tolak Politik Isu SARA terpasang di atas jembatan
Spanduk Tolak Politik Isu SARA terpasang di atas jembatan penyeberangan orang (JPO) Jalan Jenderal Basuki Rachmat, Jakarta, Sabtu (1/12). Foto: MI/Bary F

Jakarta: Anggota Komisi III DPR Ahmad Sahroni mengapresiasi langkah Polres Jakarta Barat yang berinisiatif memasang 1.000 spanduk berisi maklumat larangan kampanye di tempat-tempat ibadah di Jakarta Barat. Langkah yang dilakukan bersama Pemerintah Kota Jakarta Barat dan TNI itu disebut efektif meredam berkembangnya isu suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA) selama Pemilu 2019.

“Kita berharap langkah ini bisa meredam riak-riak kampanye berbasis agama,” kata Sahroni, melalui keterangan tertulis, Jumat, 11 Januari 2019.

Politisi NasDem ini turut mengapresiasi kerukunan dan kesolidan yang ditunjukkan para pengurus tempat ibadah di Jakarta. Sahroni optimistis virus intoleransi ataupun politisasi agama yang sempat mencuat saat Pilkada DKI lalu tidak akan muncul di kawasan barat ibu kota ini. 

“Langkah ini harus dicontoh wilayah lain di ibu kota dan bahkan seluruh daerah di Indonesia,” kata dia.

Sahroni juga meminta masyarakat aktif melapor bila menemukan adanya penggunaan SARA dalam kampanye di daerahnya. Menurut dia, penggunaan isu SARA dalam pemilu amat berbahaya dan menciptakan gangguan keamanan.

Baca: Isu SARA Diharamkan dalam Debat Pilres

Sebanyak 1.000 spanduk larangan berkampanye di tempat ibadah akan dipasang di 860 masjid, 237 gereja, dan 85 wihara di kawasan Jakarta Barat. Pemasangan spanduk ini diharapkan bisa menjaga kerukunan beragama menjelang Pemilu 2019. 

“Sudah ada aturannya dalam UU Pemilu, tempat ibadah, sekolah, dan instansi pemerintah tidak boleh (jadi tempat kampanye)," kata Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Hengki Haryadi.

Wakil Wali Kota Jakarta Barat, Muhammad Zen, menuturkan pemasangan spanduk ini diinisiasi Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB).





(UWA)


BACA JUGA
BERITA LAINNYA

Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.