Politik Uang Mulai Tercium di Sidoarjo

    Syaikhul Hadi - 18 Maret 2019 16:19 WIB
    Politik Uang Mulai Tercium di Sidoarjo
    Komisioner Bawaslu Agung Nugraha. Medcom.id/Syaikhul Hadi
    Sidoarjo: Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Sidoarjo mengidentifikasi potensi munculnya politik uang (money politics) yang akan masuk jelang Pemilu 2019. Bawaslu mendapat laporan terkait hal ini jelang pencoblosan 17 April 2019 yang mulai dekat.

    "Ada sebuah informasi yang memang sudah keluar dari beberapa laporan masyarakat, adanya identifikasi yang sudah mulai muncul, meski sampai saat ini masih belum sampai muncul ke publik," ujar Komisioner Bawaslu Sidoarjo, Agung Nugroho, Senin, 18 Maret 2019.

    Potensi terjadinya politik uang jelang Pilpres 2019 mencapai 60 persen. Sepekan ini, Bawaslu mengidentifikasi lewat kuisioner di tiap kecamatan dengan melibatkan pihak penyelenggara terkait.

    "Bagaimana dimensi politik uang di Sidoarjo sudah sangat kencang. Deteksi itu memang perlu. Bagi kami, ini menjadi potensi agar kami bisa  melakukan upaya-upaya pencegahan terhadap money politik," tegasnya.

    Bawaslu menjalin sinergi bersama insan pers dalam melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan pemilu mendatang. Pers merupakan mitra pengawas, pemberi masukan dan evaluasi pelaksanaan pemilu serentak perdana ini.

    "Ketika ada beberapa potensi pelanggaran, pola dan potensi untuk sama-sama melakukan  pencegahan. Terutama pencegahan terhadap money politik," tandasnya.

    Koordinator Divisi Penyelesaian Sengketa Bawaslu Sidoarjo, Jamil,  pers sebagai salah satu pilar demokrasi perlu menjalin kerja sama bersama penyelenggara pemilu. Salah satu tujuan pers di Indonesia adalah mengaktualisasi demokrasi yang baik.

    "Peran media sangat penting. Karena ini bagian dari pintu masuk jalannya demokrasi. Sehingga dalam pemilihan nanti bisa melahirkan pemimpin bangsa yang amanah," tambahnya.
     



    (SUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id