PSI Minta Setop Upaya Delegitimasi Penyelenggara Pemilu

    Fachri Audhia Hafiez - 25 April 2019 15:19 WIB
    PSI Minta Setop Upaya Delegitimasi Penyelenggara Pemilu
    KPU RI. Ilustrasi: Foto: Antara/Rony Muharram
    Jakarta: Juru Bicara Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Dara Adinda Nasution meminta semua pihak memercayai Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Berbagai upaya mendelegitimasi kedua lembaga itu pun harus diwaspadai.

    "PSI melihat ada suatu upaya (delegitimasi) yang berbahaya untuk demokrasi kita. Karena siapapun yang nanti diklaim sebagai pemenang akan dianggap tidak sah, akan dianggap sebagai pihak yang curang dan menimbulkan konflik horizontal, seperti wacana people power," kata Dara dalam diskusi di Kantor Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi), Matraman, Jakarta Timur, Kamis, 25 April 2019.

    Menurut Dara, saat ini upaya delegitimasi dan mengawasi pemilu kerap dimaknai berbeda. Mengawasi pelaksanaan pemilu bukan berarti tidak memercayai penyelenggara pemilu.

    Kata dia, berpartisipasi mengawasi pemilu bisa dilakukan dengan mengawal prosesnya. Di samping itu, setiap pihak perlu memercayai KPU dan Bawaslu sebagai lembaga yang punya otoritas menyelenggarakan dan mengawasi pemilu.

    "Kita bisa ikut berpartisipasi mengawasi dengan mengawal pemilu, mengecek juga form C1 dan sebagainya. Bukan menganggap KPU dan Bawaslu ini diintervensi pihak lain," ujar Dara.

    KPU sebelumnya mengaku khawatir maraknya penyebaran hoaks untuk mendelegitimasi Pemilu 2019. Informasi yang tidak benar di masyarakat dikhawatirkan akan merusak kepercayaan masyarakat terhadap penyelenggaraan Pemilu.

    "Dicari informasi dulu, pembandingnya, tabayun sehingga masyarakat tidak tertipu berita hoaks. Kan KPU juga menjaga masyarakat dari berita-berita hoaks, dari berita-berita yang tidak benar," kata Komisioner KPU Wahyu Setiawan, saat dihubungi di Jakarta, Jumat, 5 April 2019.



    (MBM)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id