Bawaslu Pegang Komando Pengawasan Pilkada

    Sri Yanti Nainggolan - 28 Agustus 2019 15:54 WIB
    Bawaslu Pegang Komando Pengawasan Pilkada
    Komisioner Bawaslu Fritz Edward Siregar. Foto: Medcom.id/Siti Yona Hukmana.
    Jakarta: Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) memastikan mengawasi semua pemilihan kepala daerah (pilkada). Panitia pengawas pemilu (panwaslu) merupakan turunan dari Bawasalu.

    Undang-Undang (UU) Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pilkada juga sedang dibawa ke Mahkamah Konstitusi untuk menafsirkan isi UU tersebut.

    Penegasan ini untuk menanggapi adanya isu Bawaslu tak bisa mengawasi Pilkada 2020 karena tersandung UU Nomor 10 Tahun 2016. Dalam UU tersebut, institusi yang berhak mengawasi pilkada adalah panitia pengawas pemilu (panwaslu). 

    "Sudah dibawa ke Mahkamah Konstitusi (MK) dan diminta menafsirkan bahwa panwaslu yang dimaksud dalam UU Nomor 10 Tahun 2016 adalah Bawaslu," kata Komisioner Bawaslu Fritz Edward Siregar kepada Medcom.id, Rabu, 28 Agustus 2019. 

    Menurut dia, naskah akademik perubahan UU Nomor 10 Tahun 2016 sudah diserahkan kepada Kementerian Dalam Negeri dan Presiden Joko Widodo. Bawaslu, kata dia, memang bertugas mengawasi setiap pemilu sebagai penanggung jawab terakhir pada Pilkada 2020.

    Selain mengawasi, Bawaslu juga bertugas mengatasi persoalan hukum yang terjadi di daerah pilkada. Sementara itu, Pilkada 2020 bakal digelar di 270 daerah terdiri dari sembilan provinsi, 224 kabupaten, dan 37 kota.

    Komisi Pemilihan Umum (KPU) bakal meluncurkan Pilkada 2020 secara resmi pada Senin, 23 September 2019. Tanggal itu tepat satu tahun sebelum pemungutan suara pilkada serentak pada Rabu, 23 September 2020. 



    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id