TKN Nilai Dekralasi Dukungan Ganjar Tak Langgar Aturan

    Whisnu Mardiansyah - 26 Februari 2019 06:17 WIB
    TKN Nilai Dekralasi Dukungan Ganjar Tak Langgar Aturan
    Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. MI/Haryanto Mega.
    Jakarta: Tim Kampanye Nasional (TKN) menilai tak ada yang salah dengan dukungan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Prabowo kepada calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo. Ganjar dilaporkan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Tengah ke Kementerian Dalam Negeri karena diduga tak netral. 

    "Artinya UU pun memperbolehkan mereka untuk mendukung capres manapun. Artinya juga enggak ada UU yang melarang mereka mendukung," kata Juru Bicara TKN Arya Sinulingga di Jakarta, Senin, 25 Februari 2019.

    Dukungan itu tak masalah asal kepala daerah menanggalkan atribut jabatan sebagai kepala daerah. Deklarasi juga harus dilakukan saat berkampanye di akhir pekan.

    "Mungkin cuti semua kali pada hari itu, jadi enggak melanggar. Jadi beliau menganggap beliau tidak memanfaatkan jabatannya, dia pakai uang sendiri, enggak ada fasilitas yang dipakai. Ya sudah," jelasnya. 

    Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dianggap melanggar netralitas dalam UU Pemerintah Daerah. Dia divonis melanggar Pasal 1 angka (3) dan Pasal 61 ayat (2) Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

    Ada 33 kepala daerah di Jateng yang dinilai melanggaran UU Pemerintah Daerah. Nama Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, termasuk salah satu dari 33 kepala daerah yang akan dilaporkan ke Kemendagri.

    Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menilai kampanye yang dilakukan kepala daerah adalah hal wajar. Pejabat daerah juga memiliki hak politik.

    "Berhak untuk kampanye, karena yang bersangkutan adalah wakil, didukung, dipilih, diajukan satu parpol atau gabungan parpol," kata Tjahjo di Hotel Sultan, Jakata Selatan, Senin, 25 Januari 2019.




    (DRI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id