PAN Bahas Merosotnya Elektabilitas Partai

    Theofilus Ifan Sucipto - 05 Mei 2019 01:00 WIB
    PAN Bahas Merosotnya Elektabilitas Partai
    Sekretaris Jenderal PAN Eddy Soeparno. Foto: Medcom.id/ Theofilus Ifan Sucipto.
    Jakarta: Elektabilitas Partai Amanat Nasional (PAN) di pemilihan legislatif (Pileg) 2019 menurun dibanding Pemilu 2014. Perolehan suara sementara PAN di real count Komisi Pemilihan Umum (KPU) belum menyentuh elektabilitas pada Pemilu 2014.

    Berdasarkan data dari KPU pukul 17.00 WIB, PAN baru mendapat 7,03 persen suara di pileg DPR. Angka ini di bawah perolehan akhir PAN di Pemilu 2014 yang mencapai 7,59 persen.

    "Saat ini kita masih menghitung, tapi sudah punya gambaran kira-kira pencapaian PAN di 2019 memang ada penurunan. Saat ini kita sedang mengkaji seberapa jauh penurunanya," kata Sekretaris Jenderal PAN Eddy Soeparno di kantor Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PAN, Jakarta Selatan, Sabtu 4 Mei 2019.

    Dia berharap perolehan suara PAN di DPR RI bakal naik signifikan. Selain itu, PAN juga telah mendiskusikan hal tersebut dengan beberapa pimpinan wilayah terkait perolehan suara provinsi dan kabupaten/kota. 

    Kendati begitu Eddy tidak berani memastikan target akhir perolehan suara PAN di DPR. Sebab, perolehan suara kader PAN masih naik-turun di tiap daerah pemilihan (dapil). 

    "Kita menunggu hasil yang konklusif dan definitif dulu baru kita sampaikan (targetnya)," ujarnya.

    Selain itu dia mengeluhkan proses rekapitulasi penghitungan suara oleh KPU di tingkat provinsi dan kabupaten/kota. Sebab, Eddy menilai ada keterbatasan yang sistem teknologi yang membuat penghitungan suara lambat.

    Eddy berharap KPU mengevaluasi Pemilu 2019 dan menerapkan sistem pemilu menggunakan teknologi, seperti e-voting dan e-counting pada Pemilu 2024. Dia yakin hal itu bakal terwujud

    "Teknologi kan sudah tidak mahal. Saya yakin biaya teknologi ke depan lebih murah," pungkasnya.



    (EKO)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id