MK Revisi Perolehan Suara PKS di Dapil Bintan 3

    Faisal Abdalla - 06 Agustus 2019 19:00 WIB
    MK Revisi Perolehan Suara PKS di Dapil Bintan 3
    Ilustrasi sidang pileg di MK - Medcom.id/Kautsar Widya Prabowo.
    Jakarta: Mahkamah Konstitusi (MK) mengabulkan sebagian gugatan perselisihan hasil pemilu (PHPU) legislatif yang diajukan PDI Perjuangan. PDI Perjuangan menggugat perolehan suara Partai Keadilan Sejahtera (PKS) untuk pemilihan anggota DPRD Kabupaten Bintan daerah pemilihan (dapil) 3. 

    "Mengabulkan permohonan pemohon sepanjang berkaitan dengan pemilihan anggota DPRD Kabupaten Bintan, daerah pemilihan Bintan 3 untuk sebagian," kata Ketua MK Anwar Usman di Gedung MK, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa, 6 Agustus 2019. 

    PDI Perjuangan menggugat perolehan suara PKS di dua TPS yakni TPS 36 dan TPS 41 Kijang Kota, Kepulauan Riau. PDI Perjuangan menilai terjadi penambahan tiga suara di TPS 36 dan delapan suara di TPS 41 untuk PKS. 

    Setelah mendengar permohonan pemohon, jawaban KPU selaku termohon, dan PKS selaku pihak terkait, MK menemukan perbedaan angka antara formulir DAA-1 (hasil rekap di tingkat kelurahan/desa) dengan formulir C1 Plano (hasil penghitungan suara di TPS). 

    "Berdasarkan bukti C1 Plano dan model C1 TPS 36, ditemukan kesalahan pencatatan angka yaitu pada suara caleg pihak terkait nomor urut 1 yang seharusnya dua suara tercatat menjadi lima suara. Sehingga menyebabkan perbedaan rekap suara pihak terkait hingga pleno tingkat kabupaten," jelas Hakim MK, Manahan Sitompul. 

    (Baca juga: MK Tolak Gugatan Golkar Soal DPT)

    MK juga menemukan ketidaksesuaian antara jawaban KPU dengan bukti yang dilampirkan. Bukti KPU justru sesuai dengan dalil pemohon. 

    "Termohon mengakui kebenaran dalil pemohon mengenai perolehan suara pihak terkait di TPS 36 Kijang Kota yaitu sebanyak lima suara dan suara untuk dapil Bintan 3 sebanyak 1.645 suara," beber Manahan. 

    MK menilai dalil PDI Perjuangan mengenai kesalahan pencatatan perolehan suara di TPS 36 Kijang Kota beralasan menurut hukum. Namun, MK menolak dalil PDI Perjuangan untuk TPS 41 Kijang Kota. 

    "Membatalkan keputusan KPU nomor 987/PL.01.8-Kpt/06/KPU/V/2019 tentang penetapan hasil pemilihan umum secara nasional sepanjang menyangkut perolehan suara PKS untuk keanggotaan DPRD Kabupaten Bintan di daerah pemilihan Bintan 3," ujar Hakim Anwar Usman. 

    Dalam putusan ini, MK juga menetapkan perolehan suara PKS untuk pemilihan anggota DPRD Kabupaten Bintan di dapil Bintan 3 yang benar sebagai berikut:

    Suara Partai: 124
    Caleg 1 M Toha: 370
    Caleg 2 Achmad Holidun: 76
    Caleg 3 Dwi Afriliyana Syari Hasibuan: 48
    Caleg 4 Dani Setiawan: 41
    Caleg 5 Rika Afriyanti: 14
    Caleg 6 Ira Wijiyanti: 28
    Caleg 7 Muttaqin:  944

    Jumlah suara sah partai politik dan calon: 1.645



    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id