Komisioner: KPU Tak Pernah Ditekan

    Fachri Audhia Hafiez - 21 Mei 2019 17:32 WIB
    Komisioner: KPU Tak Pernah Ditekan
    Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Viryan Azis. Medcom.id/Fachri Audia Hafiez.
    Jakarta: Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Viryan Azis angkat bicara terkait isu penekanan sejumlah pihak mengenai pengumuman rekapitulasi suara yang dilakukan pada dini hari. KPU membantah isu tersebut.

    "KPU ini tidak bisa ditekan oleh pihak mana pun. Alhamdulillah sampai sekarang," ujar Viryan di Kantor KPU Pusat, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa, 21 Mei 2019.

    Baca: Prabowo Sebut Penetapan Pemenang Pemilu di Pagi Buta Janggal

    Viryan membantah pengumuman yang dilakukan pada dini hari itu untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan. Ia menjelaskan KPU telah melakukan mekanisme rekapitulasi suara sesuai aturan yang berlaku. 

    Hal ini merujuk pada Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 Pasal 413 tentang Pemilu yang menyebutkan, KPU dapat menetapkan hasil Pemilu secara nasional paling maksimal 35 hari setelah pemungutan. KPU, tegas Viryan, tetap berpegang teguh pada proses tahapan pemilu.

    "Prinsipnya KPU tidak pada posisi meminta atau melakukan suatu proses yang dipaksakan, tidak. Semua mengalir biasa saja," ujar Viryan.

    Ia juga tak mempermasalahkan aksi massa yang menolak hasil pemilu. Viryan mengatakan KPU menghormati setiap bentuk penyaluran ekspresi.

    "Kami apresiasi. Selama dalam kerangka damai dan menyuarakan apa yang menjadi tuntutannya dengan cara baik," pungkas Viryan.

    Calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto mengaku tak habis pikir Komisi Pemilihan Umum (KPU) seolah terburu-buru menetapkan hasil rekapitulasi suara nasional Pemilu 2019. KPU menetapkan rekapitulasi nasional dini hari tadi.

    "Menanggapi pengumuman KPU dini hari sekitar pukul 02.00 WIB senyap-senyap begitu, masih tidur atau belum tidur," kata Prabowo saat jumpa pers di kediamannya, Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan.

    Baca: JK: Demo Tak Mengubah Hasil Pemilu
     
    Prabowo menilai penetapan hasil rekapitulasi suara di waktu pagi buta tak lazim. Penetapan di saat sebagian besar publik masih terlelap tidur.



    (DRI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id