KPU Kota Surabaya Butuh 50 Ribu Lebih Petugas KPPS

    Amaluddin - 01 Maret 2019 04:15 WIB
    KPU Kota Surabaya Butuh 50 Ribu Lebih Petugas KPPS
    Ilustrasi. Petugas KPPS melakukan penghitungan suara Pilkada DKI Jakarta putaran kedua di TPS 04, Tanah Abang. Foto: MI/Arya Manggala
    Surabaya: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya membuka pendaftaran untuk petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) sejak hari ini, 28 Februari hingga 5 Maret 2019. Untuk Pemilu 2019, KPU Kota Surabaya membutuhkan 57.022 petugas KPPS untuk bertugas di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

    "Pengumuman pendaftaran ini juga bisa dilihat di masing-masing kantor kelurahan di Surabaya," kata Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Kota Surabaya, Muh. Kholid Asyadulloh, saat dikonfirmasi, Kamis, 28 Februari 2019.

    Kholid menjelaskan, puluhan ribu KPPS itu akan bertugas di 8.146 TPS yang tersebar di Surabaya. Dalam setiap TPS, akan ditugaskan sebanyak tujuh orang KPPS. "Jumlah petugas KPPS ini nanti akan menyesuaikan jumlah TPS di Surabaya," ujarnya.

    Untuk memenuhi kebutuhan KPPS itu, kata Kholid, pihaknya gencar menggelar sosialisasi ke masyarakat, termasuk ke perguruan tinggi. Bagi masyarakat bisa langsung mendaftarkan diri ke Panitia Pemungutan Suara (PPS) tingkat kelurahan jika memenuhi syarat.

    "Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, yakni umur minimal 17 tahun, tidak menjadi anggota partai politik paling singkat lima tahun terakhir, dan juga tidak pernah menjadi tim kampanye salah satu pasangan calon dalam Pemilu maupun Pilkada," ujarnya.




    (DMR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id