Dalil Gugatan Prabowo-Sandi Harusnya di Tahapan Pemilu

    Muhammad Syahrul Ramadhan - 16 Juni 2019 06:42 WIB
    <i>Dalil Gugatan Prabowo-Sandi Harusnya di Tahapan Pemilu</i>
    Tim hukum pasangan calon presiden-wakil presiden Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Taufik Basari (kedua kanan). Foto: Medcom.id/Muhammad Syahrul Ramadhan.
    Jakarta: Dalil-dalil yang diajukan tim kuasa hukum Prabowo Sandi dinilai seharusnya selesai pada saat tahapan pemilu.  Tim hukum pasangan calon presiden-wakil presiden Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Taufik Basari melihat dalil tersebut merupakan upaya untuk mencari celah memenangkan Prabowo-Sandi.

    "Saya melihat tim 02 ini mencari-cari celah ya, lihat saja yang didalilkan sebelumnya sudah ada jalurnya di tahapan pemilu," ujar Taufik dalam sebuah diskusi bertajuk 'Mahkamah Keadilan untuk Rakyat' di Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu, 15 Juni 2019.
    Menurut Taufik, dalil-dalil tim hukum Prabowo-Sandiaga sebenarnya sudah ada koridor tersendiri saat proses pemilu masih berlangsung. Yakni di penyelenggara pemilu, KPU, Bawaslu, dan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP).

    Baca juga: Pakar Hukum: Dalil Mendiskualifikasi Ma'ruf Amin Sulit Diterima

    Ia  pun menyayangkan dalil Prabowo-Sandiaga yang malah disampaikan di MK. Salah satunya soal permintaan tim hukum 02 MK untuk menggugurkan Ma'ruf Amin lantaran ada cacat formal terkait persyaratan sebagai cawapres. 

    "Jadi soal persyaratan, seharusnya tim Prabowo-Sandiaga mempermasalahkan hal itu saat KPU menetapkan pasangan calon. Ya gugatlah saat itu, atau ketika menemukan dugaan pelanggaran ya laporkan," terang Taufik. 

    Menurutnya, tim hukum 02 harusnya fokus pada perbandingan hasil pemilu versi Prabowo-Sandiaga dengan versi KPU di persidangan MK. Hal tersebut dinilai lebih tepat sesuai dengan prinsip Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU). 



    (HUS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id