MAGHRIB 17:47

    Untuk Jakarta dan sekitarnya

    IMSAK 04:25
    SUBUH 04:35
    DZUHUR 11:53
    ASHAR 15:14
    ISYA 19:00

    Download Jadwal Imsakiyah

    NasDem Optimistis Raih Tambahan Kursi di DKI

    12 Februari 2019 19:03 WIB
    NasDem Optimistis Raih Tambahan Kursi di DKI
    Ketum NasDem Surya Paloh menyapa kader di Jember, Jatim. Foto: Medcom.id/Faisal Abdalla
    Jakarta: Partai NasDem Optimistis mampu membalikkan prediksi survei yang dilakukan Charta Politika. Lembaga survei yang digagas Yunarto Wijaya itu memperkirakan NasDem tak akan menyumbang satu pun kursi DPR dari daerah pemilihan (dapil) DKI Jakarta III pada Pemilu 2019.

    Optimisme itu diutarakan kader NasDem Ahmad Sahroni yang saat ini tengah bertarung di dapil DKI Jakarta III. Anggota Komisi III DPR ini menyebutkan pada Pileg 2014 sejumlah riset bahkan tidak memunculkan nama calon legislator (caleg) NasDem untuk DPR. Namun, hasil berkata lain. NasDem meloloskan satu kursi dari Jakarta yang diwakili oleh dirinya.
    “Dulu (Pileg 2014) nama Ahmad Sahroni tidak ada di dalam survei, tapi menghasilkan satu kursi. Sekarang nama saya ada (di dalam survei). Satu kursi dijamin dapat. Tak ada nama saja dapat satu kursi, bagaimana ada namanya,” kata Sahroni.

    Salah satu yang membuat ia sukses merebut kursi karena rajin turun langsung ke masyarakat. Data yang diterima dari Ahmad Sahrorni Center (ASC), organisasi yang ia dirikan, selama menjabat sebagai wakil rakyat, Sahroni telah melakukan 129 kunjungan. Sebagai anggota DPR/MPR ia juga rajin melakukan reses, kunjungan kerja daerah pemilihan, dan sosialisasi empat pilar. 

    Sahroni tak pernah melewatkan enam kali kunjungan daerah pemilihan saban tahunnya. Hal itu diatur dalam UU No 17 Tahun 2014 tentang, MPR, DPR, DPD, dan DPRD, serta Peraturan DPR No 1 Tahun 2014 tentang Tata Tertib. 

    Untuk kegiatan reses, Sahroni melakukan lebih dari 10 kali setiap tahunnya. Sahroni juga tak membatasi pertemuan dengan masyarakat walaupun hanya dengan 100 orang. “Semangat kerja, maju terus, pantang mundur,” kata Sahroni menanggapi rilis Charta Politika.

    Baca: Sahroni Yakin Rebut Kursi NasDem di Dapil 3 DKI

    Survei Charta Politika menempatkan Sahroni sebagai salah satu caleg dengan popularitas dan elektabilitas tertinggi di Dapil DKI III. Survei tersebut menempatkan Sahroni dengan tingkat elektabilitas 4,0 persen. Ia bersaing dengan nama-nama lain seperti Charles Honoris (PDIP), Lulung Lunggana (PAN), Yusril Ihza Mehendra (PBB), dan Adang Daradjatun (PKS).

    Direktur Riset Charta Politika, Muslimin, memperkirakan pertarungan antarcaleg di Dapil DKI Jakarta III akan berlangsung ketat. Hal ini mengacu pada anomali yang ditemukan dari hasil survei. 

    Di Dapil DKI I dan II popularitas partai mengungguli calegnya, di Dapil DKI III justru popularitas caleg melampaui partai pengusungnya. Kondisi ini, menurut Muslimin, harus diwaspadai para caleg di dapil DKI III. Mereka harus bekerja keras meyakinkan masyarakat agar lebih bijak dan cermat memilih calon anggota DPR.

    Muslimin mengatakan 34 persen pemilih masih berpeluang mengubah pilihannya. "Artinya, para caleg masih memiliki kesempatan dalam dua bulan ke depan memengaruhi pemilih yang 34 persen belum menetapkan pilihannya," ujar dia.






    (UWA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id