Mengenal Paint Protection Film, Apa Kelebihannya dari Coating?

    Ahmad Garuda - 08 April 2021 11:32 WIB
    Mengenal Paint Protection Film, Apa Kelebihannya dari Coating?
    Pemasangan PPF harus benar-benar presisi agar perlindungan yang diberikan lebih maksimal. VKPPF



    Semakin banyaknya kendaraan di jalan, semakin tinggi pula risiko bodi kendaraan tergores. Entah karena kesalahan sendiri, maupun kesalahan orang lain atau bahkan karena hal-hal di luar kesengajaan seperti terkena lontaran kerikil dari ban mobil di depan.

    Untuk menjaga kemungkinan agar bodi kendaraan terutama mobil, tak mengalami goresan, beberapa orang melakukan coating di bodi mobil dan lainnya ada yang memilih Paint Protection Film (PPF). Lalu apa itu coating dan apa itu PPF, cara pasang dan perlindungannya seperti apa?






    Chief Operating Officer PT V-Kool Indo Lestari, Lianto Winata, mengatakan bahwa selama ini masih banyak pemahaman yang salah antara PPF dan coating, terutama di kalangan masyarakat umum.

    Mengenal Paint Protection Film, Apa Kelebihannya dari Coating?

    "Banyak yang menggangap coating dan PPF itu hal yang sama, padahal jelas berbeda. Coating itu menggunakan bahan kimia pada bodi, contoh seperti waxing atau nano ceramic. Sementara kalau PPF itu kita benar-benar melapisi bodi dengan plastik yang tebal dan bening, makanya dikenal juga dengan istilah laminating," ucap Lianto Winata.

    Paint Protection Film (PPF) kini merupakan tren baru yang digemari banyak kalangan di dunia otomotif untuk kategori perlindungan pada cat mobil. Hal itu karena PPF lebih mampu melindungi mobil dari goresan benda tajam seperti kerikil dan benturan. Selain itu, PPF juga bisa mempertahankan warna mobil tetap indah dan membuat mobil terlihat kilap wet-look untuk waktu yang lama. Lantas apa sesungguhnya yang membedakan coating dan PPF?

    PPF berfungsi untuk melindungi cat dari kerusakan fisik dengan lapisan film yang tebal dan transparan. Fungsi lain adalah merawat warna mobil secara permanen. Sementara itu, coating hanyalah untuk perawatan warna sementara saja.
     



    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id