Safety Driving

    Teknik Menghemat Solar untuk Bus & Truk, Begini Caranya!

    Ekawan Raharja - 14 Juni 2021 14:00 WIB
    Teknik Menghemat Solar untuk Bus & Truk, Begini Caranya!
    Ilustrasi. Jasa Marga



    Jakarta: Mengemudikan kendaraan komersial, khususnya bus dan truk, memang berbeda dengan kendaraan penumpang umumnya karena perbedaan peruntukan, dimensi, hingga teknologi yang digunakan. Para pengemudi bus dan truk juga baiknya tahu bagaimana untuk menghemat bahan bakar minyak (BBM) sehingga bisa menekan biaya operasional dan menguntungkan berbagai pihak.
     
    National Sales Manager Truck & Bus Radial (TBR) PT Hankook Tire Sales Indonesia, Ahmad Juweni, menerangkan ban menjadi salah satu kunci terhadap konsumsi bahan bakar. Untuk mendapatkan konsumsi BBM yang irit, pemilihan ban harus benar dan tepat.
     
    “Ban adalah komponen langsung yang bergesekan dengan permukaan jalan. Salah satu fungsi ban adalah meneruskan tenaga dari mesin yang disalurkan melalui sistem penggerak kendaraan. Saat ban bergulir di jalan, energi mekanik akan berubah menjadi panas dan bahan bakar diperlukan untuk mengganti energi yang hilang tersebut,” ungkap Ahmad melalui keterangan resminya.
     
    Dari segi konstruksi, Ahmad menyarankan ban jenis radial bertipe tubeless. Ban tipe ini tidak memerlukan ban dalam dan flap, sehingga berat ban menjadi lebih ringan dan tenaga yang diperlukan untuk memutar ban menjadi lebih sedikit. Tentunya konsumsi bahan bakar menjadi lebih hemat.
     
    Kemudian memilih pola telapak ban berdasarkan medan yang ditempuh. Misal, medan tanah atau off road disarankan menggunakan ban dengan tipe Lug yang mempunyai traksi lebih baik. Jika keliru memilih pola telapak ban, konsumsi bahan bakar akan lebih boros dan ban akan cepat rusak.

    Halaman Selanjutnya
      Misalnya, ban tipe off…


    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id