Safety Driving

    Jenis dan Cara Setel Sandaran Kepala Mobil

    M. Bagus Rachmanto - 23 Maret 2020 17:14 WIB
    Jenis dan Cara Setel Sandaran Kepala Mobil
    Fungsi headrest sebagai fitur keselamatan di mobil. Car Seat Ashatozviews
    Jakarta: Seperti diketahui headrest (head restraint) yang menempel di jok mobil tidak hanya berfungsi sebagai penahan kepala saja. Melainkan sebagai pelindung kepala saat terjadi tabrakan yang mengakibatkan benturan keras.
     
    Namun agar headrest berfungsi dengan optimal, penyetelannya harus dilakukan dengan benar disesuaikan dengan postur tubuh pengemudi. Umumnya, headrest terdiri dari 2 jenis, yakni headrest adjustable dan headrest fix.

    Untuk headrest model fix, posisinya tidak bisa disetel. Sementara headrest model adjustable posisinya bisa diatur sesuai kebutuhan. Karena biasanya pabrikan telah mendesainnya sesuai dengan aspek keselamatan.

     Cara Setel Sandaran Kepala Mobil yang Benar
    Chief of Trainer Rifat Drive Labs (RDL), Herry Wahyudi mebeberkan cara penyetelan headrest yang benar. Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengatur posisi duduk, pastikan punggung bersandar penuh di sandaran bangku.
     
    Kemudian tekan klip pengunci (di sisi besi penyangga) agar headrest bisa dinaik-turunkan. Atur headrest agar mencapai ketinggian yang pas sesuai ketinggian atau postur pengemudi ataupun penumpang. Pastikan bagian tengah headrest sejajar dengan ujung atas telinga.
     
    "Jok mobil dengan kelengkapannya seperti hedrest didesain dengan aspek keselamatan. Untuk itu penting mengatur posisi duduk yang benar sebelum berkendara, termasuk menyetel sandaran kepala agar bekerja optimal melindungi keselamatan penumpang," ucap Herry saat berbincang dengan Medcom.id di Jakarta, beberapa waktu lalu.
     



    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id