Tips Knowledge

    Ini Perbedaan Torsi dan Tenaga pada Mobil

    M. Bagus Rachmanto - 29 Juli 2020 10:20 WIB
    Ini Perbedaan Torsi dan Tenaga pada Mobil
    Ilustrasi. Medcom.id/Ekawan Raharja
    Jakarta: Torsi adalah suatu gerakan berupa dorongan yang terjadi antara piston dan poros engkol. Jika terjadi dorongan pada kedua bagian tersebut, maka akan menghasilkan suatu perputaran gerakan atau torsi. Gerakan ini sering terjadi pada mobil, sehingga kendaraan tersebut bisa berfungsi dengan maksimal.

    Namun tahukah Anda bahwa torsi dan tenaga pada mobil itu berbeda? Seperti Di bawah ini merupakan penjelasan lebih lengkap mengenai apa saja perbedaan torsi dan tenaga pada mobil Anda. Berikut ulasan mengenai perbedaan torsi dan tenaga pada mobil dalam laman resmi Suzuki.

    Perbedaan Antara Torsi dan Tenaga
    Perbedaan yang pertama adalah jika torsi itu berbicara tentang akselerasi, sedangkan tenaga berkaitan dengan kecepatan. Di dalam setiap mobil pasti terdapat mesin yang bekerja apabila kendaraan dalam kondisi menyala. Adanya dorongan yang diberikan oleh mesin itulah dinamakan sebagai torsi.

    Sedangkan kecepatan yang dihasilkan oleh dorongan tadi itulah biasa disebut dengan tenaga. Kecepatan tersebut dipengaruhi oleh seberapa panjang ganggang pada mesin. Jika semakin panjang ukuran ganggang, tenaga yang dibutuhkan juga semakin kecil.

    Torsi lebih banyak memiliki peran untuk mengatur putaran mesin, sehingga mobil yang dalam keadaan diam bisa bergerak. Torsi ini berawal dari adanya sebuah ledakan tenaga yang terjadi di ruang bakar pada mesin. Setelah itu tenaga yang dihasilkan akan tersalurkan menuju roda gila, gardan, dan transmisi dengan bantuan kruk as. Sehingga lama kelamaan roda tersebut pun akan mulai bergerak.

    Secara sederhana, pengertian terkait apa itu torsi sangat mempengaruhi performa dari mesin mobil. Sedangkan untuk tenaga akan memiliki peran ketika mobil tersebut sudah mulai bergerak. Semakin cepat mobil melaju maka tenaga yang dihasilkan pun pasti besar atau tinggi.

    Tinggi rendahnya tenaga yang dihasilkan sangat dipengaruhi oleh waktu. Misalnya sebuah roda berputar tiap menit, maka ada sebuah tenaga yang dihasilkan agar kendaraan tersebut bisa berjalan dengan kecepatan tertentu. Jadi torsi dan tenaga tersebut memiliki keterkaitan untuk performa kendaraan.

    Torsi Dihasilkan Lebih Dahulu Dibandingkan dengan Tenaga
    Pengertian torsi bisa dipahami sebagai sebuah gerakan berupa dorongan yang terjadi di ruang pembakaran pada mesin. Lalu, perbedaan yang paling menonjol dari dua hal tersebut adalah torsi lebih dahulu dihasilkan dibandingkan dengan tenaga.

    Ini dikarenakan torsi memiliki peran ketika sebuah mobil masih dalam posisi diam. Dengan adanya ledakan di ruang pembakaran pada mesin, sehingga akan menghasilkan sebuah gaya yang disalurkan ke roda sampai bergerak.

    Setelah bergerak pengemudi harus membuat mobil tersebut melaju dengan cepat dan kencang. Dalam hal ini tenagalah yang memiliki peran penting. Jadi jika Anda melihat sebuah mobil melaju sangat kencang, itu berarti tenaganya yang diberikan juga besar.

    Nilai dari torsi yang dihasilkan pada ruang pembakaran di mesin memiliki peran paling penting dalam sebuah kendaraan. Jika mobil tidak bisa menghasilkan torsi yang besar, laju kendaraan pun akan menjadi lambat atau tidak cepat.


    (UDA)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id