Tutup Barang Bawaan di Motor Jaga Keseimbangan Pengendara

    M. Bagus Rachmanto - 26 Mei 2019 11:38 WIB
    Tutup Barang Bawaan di Motor Jaga Keseimbangan Pengendara
    Perhatikan dimensi, bobot bawaan dan distribusi berat dalam menggunakan side box. Dok. Medcom
    Jakarta: Sepeda motor merupakan alat transportasi yang mudah terlibat kecelakaan. Hanya bertumpu di kedua roda, dan bisa melaju dengan mengandalkan keseimbangan.
     
    Penambahan barang bawaan berlebih pada motor tentu akan memperbesar resiko kecelakaan. Terlebih meletakkan barang bawaan di jok, tangki, atau disangkutkan pada setang.
     
    Penggunaan boks motor diklaim bisa mengurangi resiko kecelakaan karena pembawaan barang-barang tadi. Dengan kondisi yang tertutup, barang bawaan akan aman, dan tidak sampai mengganggu keseimbangan motor. 

    "Salah satu alasan pakai boks motor karena lebih aman, simpel, konsentrasi berkendara terjaga dan barang pun aman. Namun di Indonesia penjualan boks motor sangat kecil," kata Sales Department PT Shad Indonesia Motoaccessory, Toni Wijaya di Jakarta, beberapa waktu lalu.

    Tutup Barang Bawaan di Motor Jaga Keseimbangan Pengendara

    Kemudian hal lain adalah peraturan pemerintah, seperti pelarangan bawa barang secara terbuka di motor. "Contohnya di Singapura, mereka melarang motor membawa barang secara terbuka, makanya di sana penjualan boks motor sampai 90 persen dari total penjualan motor," lanjutnya.
     
    Meski begitu, pemilihan boks motor harus disesuaikan dengan dimensi kuda besi kesayangan. "Motor matik kecil seperti BeAT, Mio itu lebih pas pakai ukuran kecil seperti ukuran 29 liter, 33 liter atau 34 liter, tinggal sesuaikan desain yang disukai".
     
    Lalu jika ingin pakai side boks (side case), usahakan lebarnya tak lebih dari 50 cm diukur dari titik tengah jok, itu jika mengikuti regulasi Eropa. Lebih mudah lagi Anda bisa berpatokan pada sisi paling luar sepeda motor yakni kaca spion.



    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id