Tips Knowledge

    Ini Penyebab Volume Oli Motor Berkurang

    M. Bagus Rachmanto - 20 Februari 2020 15:45 WIB
    Ini Penyebab Volume Oli Motor Berkurang
    Penggantian pelumas harus dilakukan secara rutin. Federal Oil
    Jakarta: Seiring umur pemakaian, volume pelumas atau oli mesin sepeda motor juga akan berkurang. Namun, jika berkurangnya terlalu banyak dalam jangka waktu yang cepat, Anda harus curiga dan segeralah melakukan pengecekan. 

    Berkurangnya pelumas mesin motor bisa disebabkan beberapa hal. Karena bisa jadi hal tersebut adalah tanda-tanda mesin motor mengalami kerusakan. Jika sudah begini maka Anda wajib mencari tahu sebanyak dan seberapa cepat volume pelumas mesin berkurang.

    Contoh, pelumas motor Anda baru mencapai angka pemakaian 300 km, namun volume pelumas tiba-tiba tinggal 500 ml dari sebelumnya 1 liter atau 0,8 L. Dan biasanya bobot motor akan terasa lebih ringan saat volume pelumas dalam mesin berkurang. 

    Menurut laman Suzuki, penyebab berkurangnya pelumas dalam jumlah banyak dan dalam waktu yang singkat, biasanya karena kondisi ring piston yang sudah lemah, atau bisa juga terjadi karena ada bagian mesin sepeda motor yang rembes. 

    Ingat, salah satu fungsi ring piston adalah menjaga kompresi dan masuknya pelumas ke ruang bakar. Ketika ring piston lemah, ada pelumas menyusup masuk ke ruang bakar dan hal inilah yang menyebabkan volume pelumas susut atau berkurang. Terlebih lagi kerusakan ring piston paling susah dideteksi, apalagi mereka yang awam dalam dunia mesin sepeda motor. 

    Salah satu tanda atau ciri ring piston rusak bisa dilihat asap berwarna putih yang keluar dari knalpot saat rpm atau putaran mesin tinggi. Selain ring piston yang lemah, penyebab pelumas motor susut lainya adalah seall atau gasket yang mengalami kebocoran. Jangan anggap remeh daerah di mesin rembes, karena jika dibiarkan bisa lebih parah dan akan semakin banyak oli yang rembes.

    Rutin cek ketinggian oli
    Solusi yang bisa Anda lakukan sebagai langkah pencegahan adalah rutin cek ketinggian oli. Periksa ketinggian oli menggunakan dipstick, atau juga bisa cek ketinggian volume oli melalui lubang intip. 

    Perlu diingat, volume pelumas mesin berkurang sebaiknya di ganti. Jangan ditambah karena kinerja pelumas tidak maksimal. Pelumas yang sudah bekerja tentu akan mengalami penurunan kinerja. Mulai dari sintetiknya yang mulai berkurang, dan juga mulai timbul endapan yang dihasilkan dari pembakaran.
     
    Sehingga penambahan pelumas dirasa tidak efektif. Alangkah lebih baik jika pelumasnya sekaligus di ganti dengan yang baru. Menurutnya, jika hanya melakukan penambahan oli saja, tidak akan ada pemeriksaan hal-hal lain yang berhubungan dengan bak penampung oli di mesin motor.



    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id