Memilih Ban Tubeless

    7 Cara Mudah Memilih Ban Tubeless buat Motor Matic (Bag. 1)

    M. Bagus Rachmanto - 28 Juli 2020 14:34 WIB
    7 Cara Mudah Memilih Ban Tubeless buat Motor Matic (Bag. 1)
    Pilih ban motor yang sesuai dengan peruntukkannya. Medcom.id/Ahmad Garuda
    Jakarta: Memilih ban untuk motor kesayangan tak boleh asal dan dianggap sepele, lantaran ada beberapa hal yang mesti dipertimbangkan dengan tepat. Apalagi jika ban yang dimaksud adalah untuk motor matic jenis tubeless.

    Melakukan pemilihan sebelum membeli ban untuk motor matic ini penting, karena tak sedikit produk yang beredar dipasaran kualitasnya tidak mumpuni. Selain itu, adanya beragam jenis ban juga perlu dipertimbangan. Oleh sebab itu Suzuki berbagi tips dan trik memilih ban motor matic berkualitas agar lebih awet.

    1. Kenali Jenis Ban Terlebih Dahulu
    Cara pertama yang harus dilakukan konsumen dalam memilih ban tubeless adalah dengan memilih tipe yang sesuai kebutuhan. Tipe ban tubeless motor matic sendiri ada bermacam-macam, mulai dari ban tipe basah, tipe ban kering dan tipe ban normal atau campuran basah dan kering.

    Ketiga tipe ban tersebut harus dipilih sesuai dengan lintasan pemakaian motor yang akan konsumen gunakan. Misalnya ban dengan tipe normal atau tipe kering dan basah yang sesuai untuk digunakan pada landasan pacu yang terjal berkerikil serta becek. Ini sesuai dengan karakteristik jalan di desa.

    Tipe berikutnya adalah tipe kering. Ban dengan tipe satu ini tentu saja cocok dipakai di jalanan yang kering seperti jalan raya di perkotaan.  Hal ini apabila tidak diperhatikan maka akan merugikan pengguna karena bisa terpeleset jika digunakan di jalan licin.

    Jenis ban yang terakhir adalah tipe ban basah yang tentu cocok untuk jalanan yang basah. Selain itu, ban tipe basah ini cenderung beralur untuk mencegah kelicinan jalan. Fungsi lain dari alur tersebut untuk membuang air yang dilewati ban saat ban motor berputar di jalanan.

    Perbedaan tipe itulah yang menuntut konsumen lebih cerdas. Untuk menemukan tipe ban yang diinginkan konsumen bisa melihat pada spesifikasi yang ada pada ban. Biasanya,tipe-tipe tersebut dikeluarkan dengan kode tipe dry, tipe wet maupun tipe wet dry.

    2. Memahami Identitas Ban
    Cara memilih ban tubeless motor berkualitas berikutnya adalah dengan mengetahui identitas ban. Hal ini sangat penting untuk memastikan keawetan dan memperkirakan ketahanan ban yang akan dibeli.

    Identitas ban bisa berupa tahun dikeluarkannya ban, reputasi ban, serta merek ban yang hendak dipilih tersebut. Tahun dikeluarkannya ban bisa diperiksa pada spesifikasi ban yang biasanya ditulis dengan kode angka. Misalnya kode angka 0812, yang berarti bulan dan tahun 2012.

    Kegiatan ini penting agar pengguna mengerti tahun pembuatan dan bisa memperkirakan ban tahan dipakai sampai kapan.  Berikutnya, juga harus memeriksa reputasi dari merek ban yang dipilih. Hal ini tentu saja penting karena banyaknya merek ban motor matic tubeless dengan kualitas berbeda.

    Untuk menyikapi hal tersebut, pengguna harus teliti dalam memeriksa spesifikasi ban. Biasanya ban yang mempunyai reputasi merek yang baik sudah mempunyai label Standar. Nasional Indonesia atau SNI. Hal ini tentu karena ban tersebut sudah lulus uji oleh pemerintah dan dijamin keamanannya.

    3. Menyesuaikan dengan kebutuhan
    Cara memilih ban tubeless yang awet untuk motor matic selanjutnya adalah dengan memilih yang sesuai kebutuhan. Hal ini tentu berhubungan dengan cara-cara sebelumnya dengan menyesuaikan wilayah atau jalan yang akan menjadi landasan motor matic.

    Ban yang dipilih biasanya kurang lebih sebesar ukuran telapak tangan orang dewasa. Ban dengan ukuran ini fungsinya agar motor bisa bergerak dengan lincah. Selain itu, pengguna juga dapat memperoleh keuntungan lain seperti bahan bakar yang hemat karena penggunaanya irit.

    Menyesuaikan dengan kebutuhan penting agar penggunaannya tetap nyaman. Hal ini karena ban mempunyai masa berlaku seperti komponen lainnya. Dengan demikian, dalam periode tertentu ban pun harus diganti. Namun demikian, perlu &dipahami bahwa penggunaan ban oleh setiap orang pun berbeda, sehingga masa penggantiannya pun juga akan berbeda.

    4. Penggunaan Ban Sesuai Kapasitas
    Menyambung dari cara sebelumnya, cara yang berikutnya ini bisa dijadikan referensi memilih ban motor tubeless untuk matic agar awet yakni dengan memperhatikan penggunaan ban. Maksudnya, ban tubeless yang digunakan pada motor matic harus sesuai dengan kapasitas ban tersebut.

    Kegiatan ini bertujuan untuk memaksimalkan kerja ban tanpa membebani ban sendiri. Hal ini penting karena setiap merek dan jenis ban tubeless tentu memiliki ketahanan yang  berbeda-beda. Misalnya ban yang sering dipakai untuk mengangkut beban yang terlalu berat.
    maka akan cepat aus dan gundul. (Bersambung...)



    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id