Tips Perawatan Kendaraan

    Pentingnya Perawatan Berkala Shockbreaker Motor

    M. Bagus Rachmanto - 29 Juli 2020 14:15 WIB
    Pentingnya Perawatan Berkala Shockbreaker Motor
    Kotoran dan debu bikin cepat aus seal shockbreaker. Medcom.id/M. Bagus Rachmanto,
    Jakarta: Untuk tetap mendapatkan rasa nyaman saat berkendara, alangkah baiknya melakukan perawatan rutin pada motor terutama pada shockbreaker. Untuk membuat shockbreaker tetap awet dan tahan lama, Suzuki berbagi tips tentang cara merawat shockbreaker motor.

    Hindari Jalanan Rusak Parah
    Melaju dengan kencang pada jalanan yang rusak parah akan memperpendek umur masa shockbreaker. Menjalankan motor dengan cepat pada jalanan yang berlubang atau rusak parah hanya akan membuat shockbreaker bekerja lebih keras.

    Tentu saja guncangan yang terjadi saat melewati jalanan berlubang membuat shockbreaker juga mengalami kejut. Apabila harus melewati jalanan yang rusak dan berlubang, mengurangi kecepatan dan melaju lebih lambat akan jauh lebih baik.
    Rutin Melakukan Pembersihan

    Kotoran dan debu yang ada pada shockbreaker dapat menyebabkan keausan pada seal. Hal itu akan memperlambat kinerja shockbreaker. Sedangkan kotoran pada hujan akan membuat shockbreaker mudah berkarat. Karena itulah perawatan rutin harus dilakukan

    Rutin Mengganti Oli Pada Shockbreaker
    Jika Anda akan merasa kurang nyaman saat mengendarai motor, mungkin sudah saatnya untuk mengganti oli pada shockbreaker. Sebaiknya  penggantian oli dilakukan 2-3 tahun sekali untuk menjaga keawetan shockbreaker motor.

    Perhatikan Tabung Silinder
    Tabung silinder pada shockbreaker yang terkena air hujan akan mengurangi performa. Selalu perhatikan kondisi tabung silinder. Apabila kotor, segera cuci dengan air biasa dan dan lap hingga kering

    Jangan Terlalu Sering Membawa Beban Berat
    Pada setiap motor ada standar maksimal untuk beban. Selalu perhatikan beban yang dibawa agar tidak memberatkan shockbreaker. Terlalu sering membawa beban berat akan menyebabkan keausan dan motor pun akan sulit bekerja secara maksimal.

    Berkaitan dengan shockbreaker motor ini, tentu banyak sekali Anda menemui modifikasi terhadapnya. Demikian juga pada bagian-bagian motor penting yang lain. Hal demikian pun banyak dilakukan oleh para pemilik motor.

    Jika Anda ingin melakukan modifikasi pada motor, sebaiknya menggunakan spareparts yang direkomendasikan oleh pabrikan.

    (UDA)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id