Perawatan Kendaraan

    Rutin Cek Cairan, Perawatan Wajib untuk Mobil Harian

    M. Bagus Rachmanto - 10 Februari 2020 08:04 WIB
    Rutin Cek Cairan, Perawatan Wajib untuk Mobil Harian
    Pentingnya inspeksi mobil sebelum mengemudi. BMW
    Jakarta: Perawatan mobil wajib dilakukan pemilik dalam menjaga performa mobil agar selalu prima dan siap digunakan setiap saat. Telebih mobil yang dipakai untuk rutinitas harian atau sarana transportasi sang pemilik.

    Kenyataannya, kesibukan atau rutinitas harian terkadang membuat pemilik mobil lalai atau lupa melakukan perawatan rutin mobil. Berikut tips perawatan mobil ala Daihatsu, agar tunggangan kesayangan Anda tetap aman dan nyaman untuk mendukung raktivitas sehari-hari.

    1. Cek Air Radiator 
    Periksa rutin ketinggian air radiator coolant di tangki cadangan. Kekurangan air radiator dapat menyebabkan mesin overheat. Bila kurang, tambahkan dengan air bersih atau radiator coolant yang tersedia di pasaran.
     
    2. Cek Oli Mesin 
    Periksa ketinggian oli mesin di antara batas minimum dan maksimum melalui stik cek oli. Volume oli yang kurang dapat menyebabkan kerusakan mesin.

    3. Cek Air Wiper
    Melakukan pengecekan rutin air wiper sangat diperlukan. Hal ini untuk mencegah kerusakan pada kaca seperti baret, karena mengoperasikan wiper dalam kondisi kaca kering dan berdebu. Pastikan air di tangki wiper juga dalam kondisi terisi penuh dengan melihat batas aksimal dari tangki air wiper.

    4. Cek Minyak Power Steering 
    Bagi kendaraan yang menggunakan power steering bertipe hidrolik, wajib melakukan pengecekan rutin minyak power steeting. Cek volumemya dengan melihat batas minimum dan maksimum yang ada pada tangki penampungan minyak power steering. Sebelum mematikan mesin, pastikan juga roda depan tetap dalam keadaan lurus agar kinerja power steering tetap baik. Gunakan minyak power steering yang telah direkomendasikan.

    5. Cek Minyak Rem
    Untuk menjaga kinerja pengereman yang optimal, pastikan ketinggian minyak rem berada pada batas maksimum dan selalu gunakan minyak rem yang telah direkomendasikan. Bila kurang dan lampu indikator rem menyala, segera lakukan pengecekan untuk mencegah kecelakaan di jalan.

    6. Cek Air Aki
    Penggunaan aki basah pada mobil perlu mendapat perawatan rutin. Pastikan volume air aki selalu terjaga dan jangan sampai kurang. Isi air aki secara berkala agar kondisi aki tetap berfungsi secara optimal dan lebih awet.



    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id