Tips Merawat Rantai Motor di Musim Hujan

    M. Bagus Rachmanto - 07 Desember 2019 10:05 WIB
    Tips Merawat Rantai Motor di Musim Hujan
    Rantai motor perlu perhatian ekstra saat musim hujan. Medcom.id
    Jakarta: Saat musim hujan ada beberapa komponen sepeda motor yang perlu mendapat perhatian ekstra. Salah satunya adalah bagian rantai. Sebab air hujan yang mengandung zat asam akan membuat rantai motor cepat berkarat.
     
    Menurut Yosi yang buka bengkel Bangbrand di Pondok Timur Indah, Bekasi Timur, Jawa Barat, rantai motor yang berkarat membuat performa motor kurang optimal. Yang terburuk bisa menyebabkan rantai putus. Ini disebabkan perawatan di rantai dan gir motor yang kurang diperhatikan.
     
    "Untuk mencegah hal tersebut, lakukan perawatan secara berkala minimal 3-4 bulan sekali. Bersihkan rantai dan gir motor dengan cara dilepas, kemudian cuci menggunakan bensin atau air sabun," ujar Yosi saat berbincang dengan Medcom.id, beberapa waktu lalu.

    Perawatan lain dapat dilakukan dengan cara melumasi rantai secara berkala. Karena kondisi rantai yang kering membuat daya tahan semakin berkurang dan rantai cepat kendur. 

    “Ekstra perawatan harus dilakukan saat musim hujan. Air hujan dan kotoran cenderung mempercepat usia pakai rantai dan gir. Jika melumasi rantai menggunakan oli usahakan pakai oli baru. Ssahakan pakai oli encer seperti SAE 10-15 atau dengan pelumas yang telah direkomendasikan agar rantai dan gir lebih awet," tambah Yosi.

    Selain itu, kata Yosi, yang tak kalah penting adalah penyetelan ketegangan rantai yang harus pas, karena akan berpengaruh terhadap kinerja mesin. Setelan rantai yang terlalu kencang akan membuat rantai cepat renggang.
     
    "Kondisi rantai yang sudah regang baiknya segera diganti. Memang ada pemilik yang mengakalinya dengan cara memotong rantai agar bisa disetel lagi. Namun hal itu tidak direkomendasikan. Jika memang melakukan itu, usahakan batas pemakaian paling lama satu bulan agar aman," saran Yosi.
     
    Untuk mengganti spare part, Yosi menyarankan untuk menggunakan yang orisinil untuk komponen rantai dan gir. Sebisa mungkin mengganti satu paket agar lebih awet dan kualitas terjamin.
     



    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id