Tips Knowledge

    Enam Permukaan Licin yang Mesti Diwaspadai Bikers saat Hujan

    M. Bagus Rachmanto - 06 Januari 2020 17:19 WIB
    Enam Permukaan Licin yang Mesti Diwaspadai Bikers saat Hujan
    Berkendara saat hujan dibutuhkan kewaspadaan ekstra. Medcom.id
    Jakarta: Musim penghujan telah tiba, para bikers harus lebih hati-hati saat di perjalanan. Oleh sebab itu berkendara saat hujan dibutuhkan kewaspadaan ekstra karena kondisi jalan yang licin, genangan air kadang ada lubang yang tidak kelihatan dan sangat membahayakan.

    Mengendarai motor dalam keadaan hujan sebenarnya cukup aman. Tapi ada hal yang perlu diwaspadai, yaitu risiko konsentrasi terganggu akibat kedinginan, jarak pandang berkurang, hingga daya cengkeram ban pun berkurang. Jika melewati permukaan jalan yang bagus ban masih bisa memberikan grip, meski jalan basah. Namun, terkadang kita melewati berbagai macam permukaan jalan yang tidak selalu memberikan grip pada ban.  

    Berikut 5 permukaan jalan yang berpotensi bahaya jika Anda lewati saat hujan, dilansir dari FDRTire.

    1. Marka Jalan
    Bagian permukaan jalan yang tertutup cat marka jalan akan licin saat basah. Untuk itu hati-hati saat melewati marka jalan seperti zebra cross, pembatas jalan, marka lambang dan lain-lain.

    2. Permukaan Bertekstur
    Transisi atau berpindah jalur dari jalan raya ke jalan kecil. Jalan beton yang licin juga perlu diwaspadai saat hujan.

    3. Baja
    Beberapa permukaan jalan tidak selalu tertutup oleh aspal, terkadang Anda mnemenui penutup gorong-gorong, plat baja yang digunakan saat proyek konstruksi bangunan, atau rel kereta api di perlintasan  jalan saat diperjalanan. Permukaan baja yang licin membuat ban tidak bisa mendapatkan grip yang maksimal apalagi dalam keadaan basah.

    4. Tumpahan Oli
    Selalu perhatikan kondisi jalan di depan. Jalanan yang ada tumpahan oli biasanya akan tampak warna pelangi di permukaan genangan air.

    5. Genangan Air
    Jalan berlubang yang tertutup oleh genangan air sangat berbahay, karena Anda tidak bisa mengukur seberapa dalam lubang tersebut. Apalagi jalan berlubang yang rusak bisa membuat Anda kehilangan keseimbangan dan terjatuh.

    6. Jalan Beton
    Material jalan beton memiliki kontur yang lebih keras dan kaku. Jalan beton dirancang lebih kuat dan tahan lama. Meterial yang lebih keras itulah yang membuatnya tidak menyerap air dengan cepat, sehingga lebih licin dibandingkan dengan jalan aspal saat musim hujan. Tidak seperti jalan aspal memberikan traksi yang lebih baik dan ketahanan selip untuk kendaraan.
     



    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id