Audio Mobil Storing? Cek Komponen Ini

    M. Bagus Rachmanto - 10 Juni 2019 08:08 WIB
    Audio Mobil Storing? Cek Komponen Ini
    Storing ditandai dengan terdengarnya suara nguing dari speaker tape. Sonix
    Jakarta: Punya audio sistem mobil yang enak didengar pasti menjadi keinginan setiap orang. Namun untuk mendapatkan kualitas dan hasil suara yang baik, instalasi atau pemasangan sistem audio tak boleh sembarangan, karena salah-salah malah bisa menyebabkan timbulnya storing pada audio.

    Menurut Yanto, Manajer Begja Autotronics spesialis instalasi audio, storing pada audio mobil disebabkan sinyal frekuensi mesin yang tinggi masuk ke sinyal audio. Biasanya storing ditandai dengan terdengarnya suara nguing dari speaker tape, terutama ketika mesin dalam putaran tinggi. Untuk mengatasi masalah tersebut Yanto membagi tipsnya. 

    Pisahkan jalur kabel untuk audio atau RCA dengan kabel setrum. Pada pemasangan kabel, usahakan untuk tidak menyambung kabel terlalu banyak, agar mempermudah mendeteksi kerusakan dikemudian hari. 

    "Kita boleh memasang audio yang standar. Tapi pemilihan dan pemasangan kabel harus didukung dengan yang benar-benar bagus," beber Yanto kepada Medcom.id di Jakarta, beberapa waktu lalu. 

    Audio Mobil Storing? Cek Komponen Ini

    Kemudian perhatikan pemasangan kabel ground. Kata Yanto, memasang kabel ground harus benar-benar bagus. Kabel grund yang disambungkan ke bodi atau dibaut harus bersih dari cat. "Pemasangan tidak boleh adat cat, harus dikerok dulu bodi atau bautnya, kemudian dikasih gemuk biar tidak karat." 

    Selain itu di bagian aki juga diperlukan tambahan ground. Yaitu penambahan kabel minus aki atau yang disebut massa. Karena kabel standar bawaan pabrikan terbilang kecil. Tujuannya untuk menyesuaikan pemakaian listrik di mobil, yang berpengaruh terhadap daya listrik yang memasok perangkat elektronik yang berjalan.

    "Kalau grounding sama kelistrikan diperhatikan pasa saat pemasangan atau instalasi sistem audio, masalah storing ini bisa bisa dhindari," jelas Yanto.



    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id