Safety Riding

    Waspadai Gejala Microsleep Ketika Berkendara

    M. Bagus Rachmanto - 14 Juli 2020 17:21 WIB
    Waspadai Gejala Microsleep Ketika Berkendara
    Ilustrasi. GI-JOE
    Jakarta: Bagi sebagian besar orang masih awam dengan istilah microsleep. Padahal microsleep ini sudah banyak dialami oleh para pengendara baik itu sepeda motor maupun mobil. Microsleep menyebabkan Anda tertidur ketika tubuh masih melakukan aktifitas. Hal ini tentu tidak baik dan dapat menyebabkan kecelakaan terutama bagi para pengendara kendaraan bermotor. Oleh karena itu, penting kiranya bagi Anda untuk mengenal gejala microsleep tersebut. 

    Sesuai dengan namanya, microsleep akan membuat Anda tertidur sejenak (rentang durasi sekitar 1-30 detik) ketika berkendara. Masalahnya adalah microsleep ini merupakan salah satu faktor utama yang menyebabkan banyaknya kecelakaan di jalan raya. Inilah alasan utama yang mengharuskan Anda untuk mengetahui gejala dari microsleep ini secara dini. Adapun gejala-gejala tersebut seperti dituli Wahana Honda.

    1. Melakukan Beberapa Kesalahan Kecil 
    Gejala Microsleep yang pertama adalah Anda melakukan kesalahan kecil seperti menekan tuas gas terlalu dalam, menginjak rem secara tidak sengaja dan lainnya. Kesalahan kecil ini semustinya tidak terjadi jika Anda telah sering berkendara. Namun, hal ini tidak bisa dihindari karena terjadi di luar kendali Anda sendiri.

    2. Kepala dan Mata Terasa Sangat Berat
    Gejala berikutnya adalah mata dan kepala terasa sangat berat. Gejala ini biasanya timbul jika Anda kurang tidur atau terlalu letih. Gejala ini merupakan reaksi normal dari tubuh yang meminta Anda untuk istirahat. Namun, hal ini tidak baik ketika berada di jalanan karena jika Anda terlelap sebentar maka kemungkinan besar akan terjadi kecelakaan. 

    3. Kepala Sering Mengangguk Tanpa Disengaja 
    Gejala selanjutnya dapat diketahui dari anggukan kepala yang dilakukan tanpa sengaja. Hal ini biasa terjadi ketika Anda berusaha menahan kantuk ketika berada di jalan. Jika hal ini terjadi segera menepi untuk istirahat sejenak. 

    4. Sering Menguap 
    Gejala microsleep selanjutnya adalah sering menguap. Hal ini merupakan efek lanjutan dari sebelumnya. Gejala ini akan semakin meyakinkan jika Anda menguap untuk rentang waktu yang cukup lama. 

    5. Sulit Menjaga Kendaraan di Jalur yang Benar 
    Gejala yang terakhir adalah Anda merasa kesulitan untuk berada di jalur kendaraan yang benar. Hal ini sudah pasti karena ketika mengantuk Anda tidak bisa fokus berkendara.


    (UDA)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id