Tips Knowledge

    Cara Mudah Merawat Ban Mobil & Motor Koleksi Lebih Awet

    M. Bagus Rachmanto - 27 Juni 2020 18:21 WIB
    Cara Mudah Merawat Ban Mobil & Motor Koleksi Lebih Awet
    Mobil atau motor yang diparkir terlalu lama di garasi, permukaan bannya riskan mengalami flat patch. Kithannecarclub
    Jakarta: Kebanyakan motor dan mobil klasik yang jadi barang koleksi di garasi, hanya digunakan sebagai barang hiasan saja. Entah tempat penyimpanannya di sebuah museum pribadi di rumah, atau di garasi kecil yang hanya muat 2-3 mobil saja. Namun tahukah Anda jika bagian ban adalah bagian yang cukup rentan rusak?
     
    Ya, ketika mobil atau motor koleksi tersebut terparkir cukup lama di garasi, maka bagian ban yang menapak ke tegel garasi atau museum, itu akan rentan mengalami flat patch atau bagian yang rata. Kalau sudah begini, tentu saat ingin sekadar menggunakannya di acara khusus, bisa kurang nyaman lagi.
     
    "Memang itu sudah jadi risiko tersendiri jika punya barang koleksi seperti mobil atau motor d garasi yang jarang digunakan lagi. Kebanyakan parkir di garasi atau di museum pribadi misalnya bisa membuat bagian yang menapak ke tanah itu jadi tertekan dan akhirnya terlihat rata. Kalau sudah begini apalagi kalau tekanan angin ban berkurang, kenyamanan dalam menggunakannya bakal berkurang," klaim Marketing Manager PT Yokohama Indonesia, Tejo Andriastono kepada Medcom.id beberapa waktu lalu.

    Tejo pun memberikan solusi yang mudah untuk membuat ban motor atau mobil koleksian kita itu tetap awet dan tidak ada flat patch-nya. Bisa dengan cara rutin mengajak tunggangan ini untuk berkeliling, meski sekadar memanaskan ban saja. Tujuannya agar mobil tetap bergulir dan bagian yang menapak ke tanah tidak monoton diam di atas permuakaan keramik atau tanah. Paling tidak dalam sepekan, sekali atau dua kali di ajang berkeliling di kompleks dekat rumah.
     
    "Atau kalau tidak mau repot, bisa dengan cara menggantung motor atau mendongkrak mobil. Tujuannya adalah untuk membuat bannya tak menapak langsung ke tanah. Jadi dengan cara ini Anda tak perlu lagi memanaskan motor atau mobil dan mengajaknya berkeliling," pungkas Tejo.
     
    Hal ini berlaku untuk semua tipe ban yang digunakan motor atau mobil tersebut. Bukan hanya tipe ban jalan raya atau semua medan saja, namun untuk semua tipe.
     


    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id