Perawatan Kendaraan

    Waspada Serangan Hama di Mobil yang Jarang Dipakai

    M. Bagus Rachmanto - 23 Juni 2020 15:03 WIB
    Waspada Serangan Hama di Mobil yang Jarang Dipakai
    Ilustrasi. Mobil88
    Jakarta: Tidak terasa sudah 3 bulan mayoritas orang di Indonesia melaksakan Pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan juga bekerja dari rumah. Kondisi ini pun membuat kendaraan kesayangan tetap berada di garasi atau tidak digunakan sama sekali. 

    Ditulis Mobil88, permasalahannya jika mobil hanya parkir di garasi saja dan tidak digunakan, maka kerap disukai oleh hama atau serangga. Mobil yang diam ini kerap disukai semut dan tikus dan mereka suka mengigit dan merusak kabel-kabel di bagian mesin.

    Untuk itu, kamu tetap perlu menjaga kebersihan mobil baik bagian luar maupun bagian interior dan juga mesin mobil. Jika kendaraan diparkir di area terbuka, selalu disarankan untuk rajin dicuci. Selain itu, cek juga kondisi area di sekitar mesin apakah terlihat bekas sarang kotoran pengerat seperti tikus. 

    Untuk mencegahnya, bisa dengan meletakkan kamper atau kapur barus di ruang mesin, agar tikus tidak mau datang. Adapun untuk semut, seringlah membersihkan interior saja. Jangan lupa untuk membersihkan sisa-sisa makanan yang tercecer di dalam kabin dengan vacuum cleaner.

    Tikus sendiri jika sudah bersarang di ruang mesin dapat merusak komponen kabel-kabel dan selang, terutama kelistrikan. Untuk itu, sebaiknya kamu juga menyempatkan diri untuk menjalankan mobil yang sudah dicuci. Sebentar saja dengan memutari area sekitar rumah kamu.

    Jalankan Mobil untuk Mengecek Fungsi Vital
    Dengan menjalankan mobil, kamu juga bisa mengecek fungsi mobil secara keseluruhan termasuk rem dan kaki-kaki. Ketika menjalankan mobil, kamu juga bisa memantau fungsi komponen kelistrikan, seperti lampu-lampu hingga ke lampu kabin, juga fungsi wiper, power window juga sistem audio mobil. 

    Jangan lupa cek juga kondisi AC mobil kamu, apakah masih dingin secara normal atau berkurang. Karena gigitan tikus juga bisa merusak komponen AC di mobil. 



    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id