Tips Otomotif

    Motor Mogok Di Jalan? Jangan Panik, Gini Menghadapinya

    Ekawan Raharja - 08 Maret 2021 12:00 WIB
    Motor Mogok Di Jalan? Jangan Panik, Gini Menghadapinya
    Ilustrasi. Suzuki



     
    Apabila terjadi percikan api biru, maka busi masih berfungsi dan bisa segera dipasang kembali. Tetapi, bila sudah tidak ada percikan api yang timbul, maka harus dilakukan penggantian busi yang baru karena itu berarti busi sudah tidak bisa berfungsi.
     
    Jangan lupa untuk melakukan pengecekan selang busi, apakah tersumbat oleh kotoran atau tidak. Apabila busi masih bisa berfungsi, tetapi mesin sudah tidak bisa menyala, bisa jadi ada kotoran yang menyumbat di dalamnya, sehingga percikan api tidak bisa sampai pada mesin motor.
     

    3. Mesin Terlalu Panas

    Untuk mengatasi sepeda motor mogok yang disebabkan mesin terlalu panas solusinya hanya satu. Solusi tersebut yakni mengistirahatkan mesin dengan cara menghentikan kendaraan, hingga mesin motor benar-benar dingin.
     
    Setelah mesin benar-benar dingin, maka kendaraan bisa kembali digunakan dan perjalanan bisa dilanjutkan lagi. Tetapi sebelumnya, bisa dilakukan pengecekan dengan melepas busi. Hal ini dilakukan setelah mesin benar-benar dingin.
     
    Selanjutnya oleskan sedikit oli atau pelumas pada lubang tempat busi, untuk melumasi piston yang tersumbat dan menyebabkan motor mogok, lalu mesin bisa kembali dinyalakan.
     
    Untuk mengantisipasi kendaraan mogok akibat mesin yang terlalu panas, sebaiknya tidak melakukan perjalanan jauh tanpa berhenti. Sebaiknya beristirahatlah di tengah perjalanan, agar bisa memberi kesempatan kepada mesin motor untuk istirahat, sehingga tidak akan mogok karena mesin terlalu panas.

    (ERA)
    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id