Tips Otomotif

    Hindari Beli Mobil Bekas Banjir, Gini Ciri-Cirinya

    Ekawan Raharja - 24 November 2020 10:00 WIB
    Hindari Beli Mobil Bekas Banjir, Gini Ciri-Cirinya
    Kenali ciri-ciri mobil yang pernah terendam banjir. MI
    Jakarta: Di akhir tahun biasanya menjadi momen sebagian masyarakat untuk membeli mobil yang bisa digunakan libur natal dan akhir tahun. Tentu saja ketika membeli mobil baru tidak ada masalah, namun berbeda ketika membeli mobil bekas karena banyak hal yang harus diperhatikan.
     
    Salah satunya yang wajib dicermati adalah jangan membeli mobil bekas banjir. Tentu sebagai calon pembeli harus mengetahui bagaimana ciri-ciri mobil yang pernah terendam banjir. Daihatsu melalui situs resminya membeberkan setidaknya ada 4 ciri yang bisa dikenali sebagai mobil bekas terendam banjir;
     

    1. Memiliki Endapan Lumpur atau Kotoran di Interior

    Banjir memungkinkan mobil terkena lumpur atau kotoran. Maka tak heran, bila mobil bekas banjir pasti memiliki endapan lumpur atau kotoran di dalamnya. Endapan itu biasanya terdapat pada interior mobil yang susah dibersihkan.
     
    Semisal kisi-kisi AC, kabel di bagian belakang dashboard, sudut panel, rel jok mobil, serta penutup speaker. Endapan lumpur atau kotoran juga bisa ditemukan di bagian kisi-kisi radiator mobil.
     
    Jika mobilnya pernah terkena banjir parah, bagian kisi-kisi radiator mobil tak hanya memiliki endapan. Tetapi, juga sampah yang menyangkut di bagian tersebut.
     

    2. Bagian Mesin Rusak

    Mobil yang terkena banjir biasanya punya mesin yang telah rusak. Kerusakan mesin terjadi lantaran oli di dalamnya telah tercampur air banjir. Bila Anda menemukan mobil dengan oli berwarna coklat keputihan, bisa dipastikan kalau mobil tersebut adalah mobil bekas banjir.
     

    3. Memiliki Bau yang Tidak Sedap

    Bau tidak sedap adalah ciri lainnya yang dimiliki mobil bekas banjir. Bau itu bisa ditemukan di bagian interior mobil. Bau tersebut biasanya muncul dari bagian interior yang basah terkena air hujan, serta tidak sempat dikeringkan oleh pemiliknya.
     
    Penjual mobil terendam banjir yang licik biasanya menyamarkan bau tersebut dengan aroma parfum berlebih. Jadi, bila menemukan mobil bekas dengan aroma parfum terlalu menyengat, patut untuk curiga.
     

    4. Mengalami Karat dan Kerusakan di Bagian Elektronik

    Mobil bekas banjir biasanya memiliki bagian yang karat. Itu pun bila mobilnya tidak sempat dirawat oleh pemilik lamanya.
     
    Karat pada mobil bekas banjir sendiri bisa ditemukan kolong mobil, jok, ataupun pedal. Mobil bekas banjir juga mengalami kerusakan di bagian elektronik semisal audio, AC, lampu, wiper, serta lampu indikator EPS (Electric Power Steering).

    (ERA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id