Safety Driving

    Mengemudi Malam Hari Wajib Lebih Waspada!

    M. Bagus Rachmanto - 07 Agustus 2020 12:55 WIB
    Mengemudi Malam Hari Wajib Lebih Waspada!
    Ilustrasi. MI/Ramdani
    Jakarta: Banyak orang yang memilih untuk melakukan perjalanan jauh dengan mobilnya di malam hari. Jalanan yang sepi dirasakan lebih cepat untuk sampai ke tempat tujuan.

    Selain kepentingan dan keselamatan diri sendiri, kita harus memikirkan unsur selain keselamatan orang lain. Jalanan yang sepi membuat kita dapat melaju lebih kencang, tapi bagaimana dengan orang yang berada di luar kendaraan kita?

    Mobil88 melalui lama resminya menjelaskan, bahwa kemampuan pengendara untuk mengantisipasi adanya pengendara lain pasti akan berkurang saat malam hari.

    Kurangnya cahaya penglihatan dan lelahnya mata, menjadi penyebab utama hal tersebut. Namun jika perjalanan malam memang harus dilakukan, maka terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mengemudi.

    "Pertama adalah membatasi kecepatan laju anda. Mengurangi kecepatan harus dilakukan karena jangkauan penglihatan pasti akan berkurang pada malam hari. Intensitas cahaya yang terbatas dari lampu kendaraan kita tidak bisa seterang pencahayaan cahaya matahari," jelas keterangan tersebut.

    "Hal selanjutnya adalah memperhatikan siklus biologis yang mempunyai pengaruh yang sangat besar. Daya tahan tubuh seseorang paling prima dimulai pada pukul 10.00 sampai 15.30. Lalu secara perlahan daya tubuh mulai berkurang pada pukul 19.00 hingga 21.00 yang menimbulkan rasa kantuk. Jika pengemudi melakukan perjalanan di waktu seharusnya beristirahat, maka menyebabkan pengemudi akan cepat lelah dan menambah resiko kecelakaan bertambah.

    Bagian terakhir yang harus dicamkan adalah bersikaplah bijaksana saat mengemudi. Contohnya, ketika mengganti lampu bawaan dari pabrik dengan lampu yang intensitas cahayanya lebih terang, akan merugikan pihak lain. Hal ini memang sangat menguntungkan bagi pengemudi tapi bagi pengendara yang berlawanan arah dengan kita.

    Inti dari sebuah perjalanan adalah agar sampai di tempat tujuan dengan selamat. Jadi selalu berhati-hati dan waspada saat mengemudi, terlebih di malam hari.

    (UDA)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id