Safety Driving

    Kombinasikan Teknologi & Gaya Mengemudi Saat Hujan Deras

    Ekawan Raharja - 12 Januari 2021 09:00 WIB
    Kombinasikan Teknologi & Gaya Mengemudi Saat Hujan Deras
    Ilustrasi. Peugeot
    Jakarta: Memasuki musim hujan di Indonesia membuat para pengemudi harus ekstra hati-hati selama perjalanan. Ada banyak aspek yang harus diperhatikan ketika melakukan perjalanan dengan mobil kesayangan di tengah guyuran hujan deras.
     
    National Technical Advisor dari Astra Peugeot, Samsudin, memberikan saran kepada pengemudi untuk bijak mengatur kecepatan kendaraan di bawah guyuran hujan. Memperlambat laju kendaraan menjadi opsi terbaik untuk menjaga keamanan dan keselamatan mengemudi.
     
    Hal ini untuk tetap menjaga kemampuan bereaksi terhadap kendaraan lain dan menghindari aquaplaning yang dapat terjadi jika kecepatan kendaraan terlalu tinggi saat melewati genangan air dan dapat menyebabkan mobil tergelincir. Adapun kecepatan rata-rata yang aman dan disarankan adalah sekitar antara 30-50 km/jam dari kondisi normal, tergantung kondisi di jalanan.
     
    Meskipun melaju dengan kecepatan rendah, laju mobil tetap harus terlihat oleh mobil lain terutama yang ada di sekitar. Pastikan lampu besar (headlamp) dan kabut (fog lamp) menyala agar jarak pandang yang hanya puluhan meter dapat terlihat. 
     
    “Saat melaju pada kondisi hujan deras, jangan menyalakan lampu Hazard, karena lampu ini hanya dipakai dalam keadaan darurat. Seperti mengalami kecelakaan lalu lintas atau dalam kondisi mogok,” tukas Samsudin.

    Halaman Selanjutnya
      Hujan dan kondisi berkabut…


    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id