Begini Akibat Membersihkan Karburator dengan Bensin

    Ekawan Raharja - 11 Desember 2019 10:15 WIB
    Begini Akibat Membersihkan Karburator dengan Bensin
    Sejumlah sepeda motor sekarang ini masih mempertahankan teknologi karburator. Medcom.id/Ekawan Raharja

    Depok: Beberapa sepeda motor sekarang ini sudah menggunakan sistem pembakaran injeksi dan sudah tidak menggunakan karburator, meski beberapa sepeda motor terbaru juga masih mempertahankan teknologi ini. BIla sepeda motor anda masih menggunakan karburator, tentu pemilik jangan abaikan perawatannya agar performanya tetap maksimal.

    Salah satu perawatan yang perlu dilakukan adalah rutin membersihkan komponen ini agar pembakaran bahan bakar tetap terjaga. Kemudian untuk pembersihannya juga harus diperhatikan, jangan asal-asalan dengan biasanya menggunakan bensin.


    "Kami tidak menyarankan membersihkan karburator memakai bensin atau solar karena bisa menyebabkan karet di dalamnya menjadi getas dan mudah sobek," ujar mekanik bengkel Beji's Motor, Haeva Caesa, di depok.

    Pria yang akrab disapa Ole ini menyarankan agar mekanik atau pemilik kendaraan menggunakan cairan pembersih khusus karburator yang berfungsi merontokkan kotoran yang menempel komponen ini dan throttle body. Cairan ini sudah di desain sedemikian rupa sehingga aman bagi komponen-komponen yang ada di dalam karburator.

    "Sekarang sudah banyak cairan khusus pembersih karburator di bengkel-bengkel aksesoris motor. Disarankan untuk memakai cairan tersebut yang sesuai kadar kimianya dan tidak merusak karburator," katanya.

    Pemilik sepeda motor bisa membeli cairan pembersih karburator ini di toko-toko aksesoris kendaraan atau beberapa e-commerce. Menurut pantauan Medcom.id, harga cairan pembersih karburator cukup terjangkau sekitar Rp25-30 ribu per botol.





    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id