Tips Otomotif

    Pelek Mobil Bisa Peang Usai Hantam Lubang? Ini Penjelasannya

    Ekawan Raharja - 16 Januari 2021 15:00 WIB
    Pelek Mobil Bisa Peang Usai Hantam Lubang? Ini Penjelasannya
    Ilustrasi. Innova Community



    Jakarta: Kondisi jalanan yang tidak mulus, termasuk adanya lubang, bisa menyebabkan kerusakan komponen mobil serta meningkatkan resiko kecelakaan lalu lintas. Salah satu komponen yang beresiko tinggi rusak apabila menghajar lubang di jalan adalah pelek mobil.
     
    Pengalaman pelek rusak akibat menghajar lubang di jalan baru saja dialami oleh Drifter Nasional, Akbar Rais, ketika melintas ruas tol Kanci-Pejagan. Roda mobilnya masuk ke dalam lubang di kecepatan 120 kilometer per jam, dan berefek pelek mobil menjadi korban.
     
    "Saya mengalami kejadian ini.. beruntungnya mungkin saya masih bisa handling kendaraan yang saya bawa.. saya khawatir orang lain yang kena dan tidak bisa handling mobilnya akan mengakibatkan kerugian buat orang lain juga sampai bisa terjadi kecelakaan..," ungkap Akbar Rais melalui akun Instagram-nya.
     
    Kemudian muncul pertanyaan bagaimana pelek mobil bisa peang ketika menghantam lubang di jalan? Padahal ada ban yang melapisi dan suspensi yang bekerja meredam getaran.
     
    Punggawa toko pelek seken F*ck Wheel Dude, Willy Mohammad, mengatakan biasanya bagian lips atau barrel paling sering mengalami peang. Kondisi ini terjadi karena dinding ban tidak dapat menahan benturan dengan baik, alhasil kedua bagian tersebut jadi tumpuannya.

    Halaman Selanjutnya
      “Dampak itu akan diikuti…


    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id