Tips Motor

    Hati-hati Ternyata Helm Ada Masa Kedaluwarsanya

    Ekawan Raharja - 07 Juli 2020 07:53 WIB
    Hati-hati Ternyata Helm Ada Masa Kedaluwarsanya
    Helm memiliki masa pakai maksimal lima tahun. Navaro
    Jakarta: Helm merupakan salah satu perlengkapan berkendara wajib yang harus digunakan setiap pemotor. Selain harus diperhatikan kondisinya dan dirawat, ternyata perangkat pelindung di kepala ini ada masa kedaluwarsanya.
     
    Executive Director RSV Helmet, Ricahard Ryan, menjelaskan kualitas helm dapat menurun dari waktu ke waktu dan, terlebih apabila sering dikenakan. Bahkan dia juga menyebutkan masa kedaluwarsa helm akan semakin cepat apabila kerap digunakan.
     
    "Lihat dahulu seberapa sering helm digunakan. Kalau hampir setiap hari makan setahun juga harus diganti, kalai tidak maksimal lima tahun," ungkap Ricahard Ryan.
     
    Lantas apa yang menyebabkan helm memiliki kedaluwarsa? Ricahard menjelaskan helm memiliki bahan dengan kandungan kimia yang dapat bereaksi terhadap lingkungan dan waktu. reaksi kimia ini yang kemudian membuat kualitas helm berubah dibandingkan waktu diproduksi pertama kali.
     
    Selain itu, lapisan yang ada di helm pun mengalami perubahan kualitas. Terlebih kualitas pun akan semakin cepat menurun apabila helm tidak dirawat dengan baik. Bisa saja pemilik helm sering menjatuhkan atau terbentur, sehingga umur helm tidak lama.
     
    "Dalam 3 tahun bisa jadi sudah banyak scratch atau goresan di bagian luar, cara menyimpannya tidak benar, kemudian muncul karat di bagian pengunci, itu berbahaya," tambahnya.

    Nah bagaimana dengan helm Anda? Sudah berapa lama Anda gunakan?
    (UDA)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id