Perawatan Kendaraan

    Tuas Pembuka Kap Mesin Macet? Begini Solusinya

    M. Bagus Rachmanto - 30 Juli 2020 11:57 WIB
    Tuas Pembuka Kap Mesin Macet? Begini Solusinya
    Ilustrasi. Youtube
    Jakarta: Mekanisme membuka kap mesin pasti harus menarik tuas pembebas kunci kap mesin. Tuas ini ada di bagian bawah dasbor sisi pengemudi.

    "Cara kerjanya ketika ditarik ada kabel yang otomatis menurunkan per dan membuka kunci di kap mesin," ucap Service Manager Auto2000 Pandeglang, Heri Andriyanto.

    Setelah tuas pembebas ditarik, kap mesin akan terbuka sedikit dan untuk membuka dengan penuh an harus menarik atau menekan tuas pengunci atau pengait di kap mesin.

    "Pembuka kap mesin ini sebenarnya jarang sekali mengalami masalah berat, paling hanya macet atau ketika ditarik tapi kap mesin tetap terkunci," lanjut Heri.

    Menurut Heri, kalau macet ini bisa karena mekanisme pengunci kurang pelumasan atau per pengunci yang rusak. Kalau ini terjadi Anda cukup membersihkan pengunci di kap mesin dan memberinya pelumas. Bila per sudah rusak, umumnya mesti ganti penguncinya sekaligus karena per pengunci tidak dijual terpisah sebagai spare parts. Bisa juga pada kabel yang menghubungkan tuas pembebas dengan pengunci kap mesin, entah kabelnya kendur atau putus.

    Kalau hanya kendur bisa disetel agar kencang lagi, tapi kalau putus mesti diganti. Jika mau membeli kabel kap mesin, pastikan harus sesuai dengan jenis, tipe, dan tahun pembuatan mobil.

    Soalnya, kabel kap mesin ini panjang-pendeknya sudah disesuaikan dengan jalur pemasangan di mobil. Harga kabel kap mesin ini sekitar Rp150 ribuan tergantung merek dan tipe mobil. Lakukan perawatan berkala setiap 6 bulan atau 10.000 km sekali agar kendaraan selalu dalam kondisi yang prima.



    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id