Tips Knowledge

    Trik Berkendara Motor Matic Hemat BBM

    M. Bagus Rachmanto - 10 Juli 2020 16:36 WIB
    Trik Berkendara Motor Matic Hemat BBM
    Ilustrasi. Wahana Honda
    Jakarta: Motor jenis matic kini jadi fovorit sebagian orang untuk alat transportasi. Sepeda motor matic yang tidak perlu lagi menggunakan perseneling untuk merubah gigi. Sehingga pengoperasiannya cukup dengan gas dan rem saja. Namun, kemudahan ini justru menyebabkan penggunaan bahan bakar lebih banyak. 

    Untuk mengatasi hal tersebut Wahana Honda berbagi tips agar motor matic irit bensin saat dikendarai. 

    1.  Service Berkala
    Motor matic tentu harus dirawat baik itu penampilan maupun performanya. Perawatan berkala merupakan tips agar motor matic irit bensin yang utama dan hal ini biasa dilakukan sekali dalam satu atau dua bulan. 

    Ketika motor dibawa ke bengkel maka para teknisi akan membersihkan filter angin dan memeriksa sistem pengapian terlebih dahulu. Kedua hal ini akan menjamin bahwa mesin dapat terus bekerja dengan optimal. Selain itu, anda juga harus mengganti oli secara rutin. 

    Fungsi oli adalah untuk mengurangi gesekan pada komponen mesin. Sehingga bagian mesin tidak mudah aus dan dapat dipakai lebih lama. Gunakanlah oli yang sesuai dengan motor matic anda, dengan demikian penggunaan bensin akan menjadi lebih hemat.

    2. Bahan Bakar Beroktan Tinggi
    Bensin merupakan makanan utama pada kendaraan bermotor. Namun, jika anda ingin berhemat maka disarankan untuk menggunakan bensin dengan oktan yang tinggi. Oktan yang tinggi pada bensin mengindikasikan bahwa pembakaran akan lebih baik dibandingkan dengan yang lebih rendah. Namun, biasanya harga lebih mahal. Jika anda memiliki keuangan yang terbatas maka belilah bensin dengan oktan menengah karena harganya lebih murah dan kemampuan pembakarannya juga cukup baik.

    3. Kondisi Ban  
    Memeriksa kondisi ban tentu adalah hal yang mudah. Karena anda hanya perlu menekan ban tersebut untuk mengetahui apakah tekanan angin pada ban sudah perlu ditambah atau tidak. Namun jika anda ingin menghemat penggunaan bensin maka isilah angin ban anda dengan nitrogen yang biasa ada di pom bensin. 

    Menggunakan nitrogen pada ban motor anda merupakan tips agar motor matic irit bensin karena ban menjadi lebih ringan. Selain itu mesin pengisiannya dilengkapi dengan pengukur tekanan digital sehingga anda tahu tekanan yang optimal pada ban motor matic anda.

    (UDA)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id