Ban Mobil

    Tips Mudah Membersihkan Ban Mobil Agar Tetap Kinclong

    M. Bagus Rachmanto - 23 Juni 2020 11:41 WIB
    Tips Mudah Membersihkan Ban Mobil Agar Tetap Kinclong
    Ilustrasi. Mobil88
    Jakarta: Ban merupakan salah satu faktor penting yang sangat mendukung keselamatan berkendara. Ban mobil yang kotor, selain merusak keindahan mobil, juga berpengaruh besar terhadap fungsi optimal ban tersebut.

    Membersihkan ban mobil sebenarnya mudah dilakukan. Kondisi ban mobil akan mempengaruhi traksi (grip/daya rekat ban pada permukaan jalan) dan sistem pengereman.

    Penumpukan debu atau kotoran pada ban akan mengakibatkan berkurangnya fungsi optimal ban. Jika kotoran tersebut tidak dibersihkan, kondisi ban akan semakin parah tingkat kerusakannya dan sangat mengganggu sistem pengereman.

    Berikut ini, beberapa cara untuk membersihkan ban mobil seperti ditulis Mobil88.

    1. Gunakan tempat terpisah untuk air dan sabun. Sehingga kotoran yang sulit dibersihkan bisa disingkirkan.

    2. Gunakan tire cleaner (pembersih khusus ban mobil). Pembersih khusus ban mobil ini telah disiapkan secara khusus untuk membersihkan bagian-bagian penting pada ban dan pelek. Ikuti instruksi yang terdapat pada produk tire cleaner tersebut, sehingga ban dan velg mobil bisa dibersihkan secara maksimal.

    3. Bersihkan ban mobil dengan sikat. Cuci dan bilas setiap bagian ban mobil tersebut. Untuk menghilangkan kotoran yang melekat. Pastikan Anda mencuci area brake pads (bantalan rem). Karena bagian ini merupakan area yang sangat penting. Jika terjadi penumpukan kotoran pada bagian brake pads, akan menyebabkan pelapukan (rusak parah).

    4. Lap semua bagian ban secara merata hingga kering. Gunakan kain lembut, sehingga bisa menjangkau semua bagian ban. Pastikan semua bagian ban dan velg benar-benar dalam kondisi kering. Jika ada bagian yang masih lembab, hal itu akan memicu terjadinya karat pada velg.

    5. Wax ban mobil Anda agar tampak semakin berkilau dan sebagai proteksi terhadap debu atau kotoran lainnya. Waxing pada ban mobil juga akan memperkuat daya tahan ban dan menghadang sinar matahari, agar kondisi ban (material karet) tidak menurun kemampuannya.



    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id