Komponen Aftermarket Ini Cegah Biker Masuk Angin

    M. Bagus Rachmanto - 26 November 2019 10:02 WIB
    Komponen Aftermarket Ini Cegah Biker Masuk Angin
    Windshield untuk menghalau terpaan angin yang mengarah langsung ke rider. Bikehps
    Jakarta: Saat ini ragam aksesoris atau komponen aftermarket untuk sepeda motor banyak ditawarkan. Tak sedikit bikers memasang aksesoris hanya sebagai pajangan agar motor yang digunakan terlihat lebih keren, namun ada pula yang justru memasangnya karena memiliki fungsi, seperi penggunaan windshield/kaca depan.
     
    Windshield atau biasa juga disebut windsrceen memberi beberapa manfaat bagi si rider. Fungsi windshield untuk menghalau terpaan angin yang mengarah langsung ke rider saat berkendara.

    Menurut pengakuan Zenuar, dari komunitas biker di Bekasi, pemasangan windshield sangat terasa manfaatnya, terutama bagi mereka yang gemar turing atau sering bepergian jauh menggunakan sepeda motor.
     
    "Ketika perjalanan jauh tanpa windshield angin terasa menerpa dada dan perut. Ketika windshiled terpasang, terpaan angin itu sangat jauh berkurang, lumayan bisa mencegah masuk angin," kata Zenuar sambil berkelakar dengan medcom.id, di Bekasi, beberapa waktu lalu.

    Menurutnya, windshield tak sekedar berfungsi menghalau terpaan angin, tapi juga melindungi rider dari kerikil dan cipratan air atau lumpur dari kendaraan yang ada di depan.

    "Saat hujan cipratan air dari kendaraan di depan kita biasanya langsung mengenai badan pengendara, dengan adanya windshield sebagian dari cipratan ini bisa dihalau," tambahnya.

    Bagi Anda yang tertarik memasang windshield, harga yang ditawarkan bervariasi, tergantung model atau jenis motor dan kualitas barang yang Anda pilih. Sebagai contoh, kalau windshield yang dipasang Zenuar di Yamaha Nmax miliknya, banderol harga di pasaran dijual mulai Rp150 ribu - Rp350 ribu. 

    Cara lain menghadapi udara terbuka bagi pengendara sepeda motor adalah menggunakan perlengkapan khusus. Salah satunya adalah penggunaan rompi/pelindung dada (body protector) agar terlindung dari terjangan angin dari arah depan.
     Pelindung dada untuk bikers salah satu cara meccegah sakit paru-paru. Ortema-Shop
    Bagi pengendara sepeda motor, penggunaan body protector ini dimaksudkan juga untuk mencegah penyakit paru-paru basah atau masuk angin, akibat dada terkena angin secara langsung tanpa menggunakan pelindung.
     
    "Angin yang menerpa tubuh manusia tidaklah memiliki dampak yang terlalu siginifikan terhadap kondisi kesehatan, tapi body protector bisa digunakan sebagian orang yang tidak tahan dengan udara dingin agar badan tetap hangat," ungkap dr. Nandika Nurfitria yang bertugas di klinik K24 Hankam Bekasi, Jawa Barat.

    "Justru angin/udara yang masuk melalui mulut atau hidung lebih beresiko bagi kesehatan karena banyak mengandung zat-zat yang berbahaya," tambahnya.
     
    Penggunaan body protector juga harus dijaga kebersihannya. Pasalnya, jika dipakai terlalu lama dan digunakan dalam kondisi yang panas, tentu akan memicu keringat untuk keluar dari pori-pori.
     
    Dengan kondisi badan penuh keringat dan udara di balik protector yang pengap tidak ada sirkulasi udara, dikhawatirkan dapat menyebabkan gatal-gatal dan tumbuh jamur.
     
    Tetap waspada dan gunakan perlengkapan sesuai kebutuhan Anda saat berkendara. Artinya penggunaan protektor jangan dilakukan dalam waktu yang terlalu lama, agar tak menimbulkan penyakit berbahaya lainnya.



    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id