Tips Otomotif

    5 Penyebab Rem Mobil Blong, Penyebabnya Sepele

    Ekawan Raharja - 31 Oktober 2020 14:00 WIB
    5 Penyebab Rem Mobil Blong, Penyebabnya Sepele
    Waspadai sejumlah penyebab rem mobil blong. Suzuki
    Jakarta: Rem sangat penting dalam menjaga keselamatan penumpang karena ini adalah komponen utama yang bertugas mengendalikan kecepatan dan menghentikan mobil. Waspadai rem blong ketika di jalan bisa menyebabkan kecelakaan di jalan.

    Rem blong bisa saja dialami oleh siapapun, dan rata-rata disebabkan oleh hal sepele. Laman resmi Suzuki menyebutkan setidaknya ada 5 penyebab rem mobil blong.

    1. Jarang Melakukan Perawatan

    Sebenarnya ada beberapa alasan mengapa rem mobil Anda mendadak blong dan salah satunya adalah jarang melakukan perawatan.  Hal ini memang jangan sampai disepelekan karena pemeriksaan dan perawatan secara rutin bisa mendeteksi adanya gangguan sistem pengereman mobil dan lekas diperbaiki.

    Anda bisa tahu apakah ada gangguan atau tidak jika mengeceknya. Alangkah baiknya jika membawanya ke bengkel mobil untuk melakukan pengecekan jika tidak bisa mengeceknya sendiri, atau cukup memeriksa bagian yang krusial sebelum mengendarai mobil.

    2. Kekurangan Minyak Rem

    Penyebab lain adalah mobil Anda kekurangan minyak rem. Kurangnya minyak memang akan menyebabkan rem menjadi sulit dikendalikan. Jika kekurangan minyak rem, maka mobil akan terus melaju dan sulit berhenti.
     

    3. Faktor Uap Air

    Faktor lain penyebab dari rem blong adalah masuknya udara ke dalam sistem pengereman yang memunculkan uap air. Uap air dihasilkan dari proses oksidasi yang dapat mengganggu sistem pengereman mobil Anda. Lama kelamaan uap air akan membuat minyak rem terasa panas.

    Minyak rem yang sudah panas akan mengakibatkan gangguan pada sistem pengereman. Tekanan dari minyak rem menjadi turun dan rem tidak bisa berfungsi dengan baik.

    4. Kualitas Minyak Rem

    Ketika membeli minyak rem, pastikan yang dibeli memiliki kualitas bagus. Jangan asal memilih, karena dikhawatirkan produk tersebut sudah kadaluarsa. Menggunakan minyak rem dengan kualitas buruk bisa mempengaruhi suhu minyak rem dan akhirnya blong.

    5. Sering Menginjak Pedal Dalam Waktu yang Lama

    Terus menerus menginjak pedal rem dalam waktu lama ternyata bisa menyebabkan blong. Hal ini disebabkan oleh adanya gaya gesek antara kaki dengan pedal secara terus menerus dan mengakibatkan kaliper panas. Kaliper yang panas inilah yang bisa membuat rem menjadi blong.

    Jadi, bagaimana cara agar terhindar dari rem yang blong saat mobil sedang dikemudikan? Perawatan dasarnya adalah memastikan perawatan mobil dilakukan secara rutin. Selain itu, segera ganti dan perbaiki bagian-bagian yang tidak berfungsi dengan baik.

    (ERA)
    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id