Tips Knowledge

    Ragam Jenis Helm untuk Harian

    M. Bagus Rachmanto - 16 Maret 2020 16:16 WIB
    Ragam Jenis Helm untuk Harian
    Pilih helm sesuai standar SNI. Medcom.id/M. Bagus Rachmanto
    Jakarta: Helm merupakan peralatan standar keamanan bagi pengendara sepeda motor yang paling utama dan juga paling penting. Jika Anda seorang pengendara motor tentunya sudah punya perlengkapan sepeda motor yang satu ini.

    Kegunaan, Manfaat, Dan Fungsi Helm (Pelindung Kepala)
    Helm memiliki berbagai fungsi dan kegunaan bagi pengendara motor, berikut ini adalah beberapa fungsi helm dari Wahana Honda:

    • Sebagai salah satu peralatan keamanan wajib yang harus dipakai oleh pengendara kendaraan roda dua.
    • Melindungi kepala dari berbagai kemungkinan benturan yang akan terjadi.
    • Melindungi pandangan dari berbagai gangguan yang mungkin akan menganggu mata saat mengendarai kendaraan bermotor.

    Berbagai produsen helm memproduksi helm dengan berbagai jenis dan tipe helm yang sangat modis sesuai dengan selera Anda, sehingga menarik minat para pengendara sepeda motor agar mau dan selalu memakai helm saat berkendara.  Bahkan helm saat ini ditawarkan dengan berbagai macam jenis.

    1. Helm Full-Face
    Jenis helm yang satu ini adalah helm yang melindungi semua bagian kepala dari bagian depan sampai belakang. Gelaran balap MotoGP misalnya, jenis yang mereka pakai mirip dengan helm full-face ini, bedanya helm yang mereka pakai memang di desain untuk balapan. Dari segi tampilan helm ini sangat cocok untuk para pengendara sepeda motor jarak jauh, karena sangat aman dan juga cukup nyaman dipakai di perjalanan jarak jauh.

    Tapi untuk perjalanan dalam kota helm ini tidak lah se efektif helm tipe lainnya, karena terkesan ribet dan juga memiliki dimensi yang besar dan juga berat.

    2. Helm Half-Face
    Helm jenis half-face atau open face ini bisa dibilang merupakan sebuah helm yang sangat umum untuk ditemui dan dipakai oleh kebanyakan pengendara sepeda motor di Indonesia. 
    Helm bertipe half-face ini, merupakan sebuah helm yang memiliki banyak fungsi atau istilahnya multifungsi. Helm ini bisa digunakan untuk jarak jauh maupun jarak dekat. Dari segi tampilan tidak kalah keren dari helm full-face. Helm ini juga memiliki harga yang relatif lebih murah dibandingkan dengan helm full-face, untuk itu helm ini menjadi pilihan banyak orang.

    3. Helm Motocross 
    Helm berjenis motocross ini merupakan salah satu jenis helm yang fungsi utamanya adalah digunakan untuk para pengendara motor motocross. Namun beberapa tahun belakangan ini cukup populer untuk digunakan untuk penggunaan harian.

    Helm ini memiliki karakteristik seperti helm full-face hanya saja bentuknya sedikit lebih berbeda. Desain dari helm motocross ini didesain benar-benar sangat aman dari benturan kepala yang terjadi, bagian depannya dibuat lebih panjang.

    4. Helm Custom
    Helm tipe custom ini juga sangat digemari oleh beberapa kalangan terlebih bagi pengendara motor yang memiliki hobi di aliran motor tertentu. Beberapa pabrikan helm terkenal juga sudah membuat helm custom ini menjadi salah satu produk yang mereka jual dan tentunya sudah lolos uji keamanan. Jadi jangan khawatir jika kalian membeli helm jenis ini pastikan benar-benar aman dengan membeli produk helm yang bisa dipercaya. 



    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id