Tips Otomotif

    Membersihkan Karpet Mobil Demi Jaga Udara di Kabin

    Ekawan Raharja - 29 September 2020 12:00 WIB
    Membersihkan Karpet Mobil Demi Jaga Udara di Kabin
    Karpet yang kotor dan berdebu juga dapat menimbulkan bau yang tidak sedap di dalam mobil serta dapat mendatangkan penyakit. Medcom.id/Ekawan Raharja
    Jakarta: Di tengah era kenormalan baru sekarang ini, masyarakat dituntut untuk berperilaku bersih mulai dari rutin membersihkan diri sampai barang-barang yang digunakan. Termasuk urusan interior mobil juga harus rutin dibersihkan demi menghindari dari berbagai macam penyakit.
     
    Salah satu yang kerap dilupakan ketika membersihkan kabin mobil adalah karpet yang ada di kaki. Padahal menurut laman resmi Astra World, kebersihan karpet mobil sangat berpengaruh terhadap kualitas udara di kabin. Karpet yang kotor dan berdebu juga dapat menimbulkan bau yang tidak sedap di dalam mobil serta dapat mendatangkan penyakit.
     
    Berikut 5 cara membersihkan karpet mobil dengan mudah yang bisa dilakukan dari rumah;
     
    1. Sediakan tempat sampah di dalam mobil, tujuannya adalah agar ketika kita ingin membuang sampah tidak berserakan di karpet mobil melainkan langsung membuangnya ke tempat sampah yang sudah kita sediakan. Jangan lupa untuk mengosongkan tempat sampah tersebut jika sudah penuh agar tidak menumpuk lama di dalam mobil.
     
    2. Jaga kebersihan alas kaki jika akan masuk ke dalam mobil agar kotoran tidak mudah menumpuk di karpet. 
     
    3. Membersihkan karpet jangan di dalam mobil, namun diangkat dan dikeluarkan dari mobil lalu bersihkan di luar mobil, sehingga debu dari karpet tidak menyebar ke interior yang ada di dalam mobil. 
     
    4. Untuk karpet berbahan karet elastis lakukan cuci karpet dengan detergen jika sudah banyak kotoran yang menempel dan selanjutnya dikeringkan sebelum dipasang kembali. JIka memungkinkan, semprotkan cairan disinfektan pada karpet mobil sebelum dipasang kembali.
     
    5. Saat karpet dikeringkan, lakukan vacum pada karpet, jok, sela-sela jok, serta pintu yang biasa menjadi tempat kotoran/sisa makanan menempel.
     
    Untuk melakukan pencucian karpet hendaknya minimal dilakukan dua minggu atau sebulan sekali agar kebersihan kabin tetap terjaga. Jika tidak bisa melakukan sendiri karena kesibukan bisa juga dilakukan pada tempat pencucian mobil.
     
    Di kondisi tertentu, karpet mobil juga dapat mengalami kebasahan karena guyuran air hujan atau melewati genangan air yang cukup tinggi. Karpet yang basah dapat menyebabkan kabin menjadi lembab dan dapat menimbulkan bau yang tidak sedap.
     
    Jadi saat karpet mengalami kebasahan, segera keringkan dengan cara mengangkat karpet keluar, kemudian vacum terlebih dahulu, setelah itu keringkan dengan cara dijemur sampai benar-benar kering untuk kemudian dipasang kembali.

    (ERA)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id