Tips Knowledge

    4 Efek Buruk AC Mobil yang Tidak Dingin

    M. Bagus Rachmanto - 12 Juni 2020 18:25 WIB
    4 Efek Buruk AC Mobil yang Tidak Dingin
    Bau tak sedap di kabin mobil bisa jadi disebabkan evaporator tidak bekerja maksimal. Autoscope
    Jakarta: AC mobil berfungsi sebagai alat pendingin yang dapat menurunkan suhu ruangan dalam kabin secara signifikan. AC juga dapat menyaring berbagai partikel polusi udara yang berasal dari luar kendaraan. Namun, bisa terjadi AC mobil sudah tidak dingin lagi meski mesin mobil dinyalakan.

    Banyak hal yang menyebabkan AC mobil tidak dingin lagi sehingga kondisi ini harus segera diperbaiki. Pasalnya jika AC mobil sudah tidak dingin lagi kondisi ini bisa membahayakan sehingga harus waspada mobil Anda. Berikut ini penjelasannya.

    Saat freon habis hembusan AC mobil Anda menjadi tidak dingin lagi. Anda harus segera memeriksa apakah memang freon habis karena usia pemakaian atau karena telah terjadi kebocoran. Jika freon habis karena penggunaannya yang sudah terlalu lama, tidak akan menimbulkan efek yang berbahaya. Jika terjadi kebocoran, inilah yang membahayakan. Bahkan terdapat empat bahaya yang bisa mengintip dari kebocoran AC ini. Berikut ulasannya seperti ditulis asuransi kendaraan bermotor ACA.

    Mengganggu Pernapasan
    Alat pendingin mobil ini jika tidak dilakukan perawatan dengan baik, selain akan mengalami kebocoran juga akan terjadi penumpukan debu, kotoran, serta bakteri pada filter pendingin. Hal ini menyebabkan udara yang dihembuskan pun kotor dan tidak maksimal. Selanjutnya hembusan gas freon ini akan masuk dalam kabin mobil dan mengakibatkan gangguan pernafasan dengan efek keracunan zat klorofluorokarbon yang berbahaya.

    Menyebabkan Rasa mual dan Mengantuk
    Jika Anda menghirup gas freon dari AC mobil yang bocor dalam jumlah sedikit, dapat menyebabkan  rasa mual dan mengantuk. Namun, jika Anda menghirup lebih banyak gas freon hingga di atas 2.000 PPM, Anda akan mengalami peningkatan kecepatan detak jantung yang terlalu tinggi. Sangat membahayakan, bukan?

    Mengganggu Kenyamanan saat Berkendara
    Jika AC mobil Anda tidak dingin lagi, Anda juga akan merasakan tidak nyaman saat bekendara di dalam mobil. Konsentrasi untuk mengemudikan mobil dengan baik pun akan terganggu. Kondisi ini dikhawatirkan dapat meningkatkan risiko terjadinya kecelakaan. Perlu diketahui, bahwa risiko kecelakaan akibat tidak dapat berkonsentrasi dengan baik yang disebabkan oleh AC mobil tidak dingin ini, bahkan meningkat sebesar 90%.

    Kerusakan AC Mobil dan Spare Part Mobil Lainnya
    Waspada mobil Anda jika mengalami kebocoran akibat kekurangan freon karena kebocoran ini selanjutnya dapat menyebabkan kerusakan yang lebih parah. Kerusakan  ini antara lain dapat membuat kerja kompresor AC yang tidak normal, saluran pembuangan yang tidak lancar, thermostat yang mengalami kerusakan, serta kompresor AC menjadi aus, hingga menurunnya fungsi cooling fan.

    Kondisi ini selanjutnya akan membebani komponen lain pada mobil Anda, yang berakibat membuat masa pakai spare part mobil akan berkurang jauh sehingga mobil Anda akan cepat rusak. Sangat merugikan bukan?

    Nah, itulah bahaya jika AC mobil sudah tidak dingin lagi sehingga Anda perlu waspada mobil Anda. Jadi jangan sampai Anda mempertaruhkan kesehatan dan keselamatan serta kondisi mobil Anda yang cepat pensiun, dengan tidak melakukan perawatan dan servis rutin pada AC mobil Anda. Dengan perawatan rutin, kesehatan, keselamatan Anda, serta kondisi mobil Anda juga dapat jauh lebih terjamin. 
     

    (UDA)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id