Tips Knowledge

    Tanda Fisik Ban Harus Diganti Baru

    M. Bagus Rachmanto - 12 Mei 2020 14:50 WIB
    Tanda Fisik Ban Harus Diganti Baru
    Perhatikan tanda fisik ban yang sudah harus diganti dengan yang baru. Ericpetersauto
    Jakarta: Merawat ban untuk memperpanjang masa pakainya memang sangat penting. Tapi ada kondisi-kondisi tertentu ban harus diganti, meski komponnya masih tebal. Ini tentunya berhubungan dengan keselamatan dan kenyamanan berkendaraan di jalan raya.

    Selain keausan ban yang ditandai oleh indikator keausan atau Tread Wear Indicator (TWI) yang dilambangkan dengan gambar segitiga pada sisi ban sebagai batas akhir pemakaian, ada beberapa tanda lain yang menunjukan ban harus diganti dengan yang baru.

    General Manager Marketing & Sales Retail PT Gajah Tunggal (GT) Arijanto Notorahardjo membeberkan, tanda-tanda fisik ban sudah tidak layak pakai antara lain, tapak ban sudah sangat tipis (keausan tinggi) bahkan gundul.
    Tanda Fisik Ban Harus Diganti BaruTanda Fisik Ban Harus Diganti Baru
    Selain itu, banyak tambalan sehingga beresiko untuk bocor seketika kemudian dinding ban (sidewall) sudah pernah sobek dan ditambal. Hal ini sangat berbahaya karena dinding ban sangat mudah pecah jika mendapat beban.

    Kemudian, terdapat benjolan yang beresiko ban mudah pecah. Kondisi lainnya adalah karet ban sudah getas dan pecah-pecah. Jika salah satu tanda tersebut sudah dialami ban mobil Anda, sebaiknya segera mengganti dengan yang baru demi keselamatan berkendara.
     
    "Semua kondisi di atas, adalah force majeur yang mungkin tak bisa kita hindari. Mengingat keselamatan di jalan raya adalah hal yang utama, maka penting untuk segera mengganti ban ini. Mengapa harus diganti, karena untuk memperbaiki kondisi itu sudah tidak mungkin. Struktur ban sudah rusak dan menghilangkan kemampuan ban untuk memberi kenyamanan saat di jalan raya," pungkasnya.



    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id