Cara Mendeteksi Kerusakaan di Power Steering Elektrik

    Ekawan Raharja - 13 Mei 2019 10:14 WIB
    Cara Mendeteksi Kerusakaan di Power Steering Elektrik
    Jika dibandingkan dengan sistem fluida, komponen power steering elektrik jauh lebih sedikit dan sistem lebih sederhana. Suzuki
    Jakarta: Hampir semua sistem power steering di mobil sekarang ini sudah menggunakan tipe elektrik. Meskipun secara fungsi tidak punya perbedaan yang signifikan, jika dibandingkan dengan sistem fluida, komponen power steering elektrik jauh lebih sedikit dan sistem lebih sederhana.

    Meskipun begitu, bukan berarti sistem power steering elektrik atau yang dikenal dengan Electric Power Steering ini tidak bisa rusak. Menurut laman resmi Suzuki, Justru jika tidak dirawat dengan baik maka komponen ini sangat rentan mengalami kerusakan.

    Secara umum fungsi power steering elektrik sebenarnya sama seperti power steering dengan menggunakan sistem fluida, yakni untuk meringankan putaran roda kemudi, sehingga tenaga tidak akan terlalu terkuras selama mengemudi. Sehingga pengemudi tidak perlu mengeluarkan tenaga terlalu besar untuk memutar lingkar kemudi mobil.

    Jika dilihat dari konstruksinya, power steering elektrik menggunakan power motor yang berguna untuk menggerakan steering shaft yang di kontrol oleh sensor yang berada di setir. Sensor ini sendiri bertugas untuk membaca seberapa banyak putaran yang dilakukan.

    Meskipun tergolong jarang terjadi, motor starter yang berfungsi sebagai penggerak kadang mengalami masalah. Penyebabnya banyak, salah satunya karena accu/aki yang sudah mulai soak. Hal ini disebabkan karena sistem ini memakan daya listrik dari accu.

    power steering elektrik juga bisa bermasalah ketika ada komponen dalamnya yang bermasalah. Jika sudah seperti ini, maka penggantian komponen wajib dilakukan.

    Bagaimana tandanya kerusakan power steering elektrik? Sebenarnya mudah, pengemudi akan merasakan sulit atau terasa sangat berat untuk mengontrol mobil, terutama saat akan berbelok dalam kondisi diam atau berjalan dalam kecepatan rendah. Selain itu mobil menjadi tidak stabil saat dipacu dengan kecepatan tinggi. Yang paling mudah, kerusakan power steering elektrik bisa dilihat dari lampu EPS yang berkedip-kedip atau menyala.

    Untuk mencegah hal tersebut terjadi, sebaiknya lakukan perawatan dan pengecekan secara berkala. Jangan lupa sebisa mungkin harus menghindari genangan air, atau menerobos banjir. Mengingat air bisa merusak dinamo power steering elektrik.

    Bagi yang hendak pergi mudik dengan mobil pribadi, tidak ada salahnya melakukan pengecekan komponen ini. Sehingga mudik bisa aman dan nyaman selama perjalanan, berkumpul dengan keluarga di Idulfitri 1490 H



    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id