Perawatan Kendaraan

    Pentingnya Perawatan Berkala Laher Roda Motor di Musim Hujan

    M. Bagus Rachmanto - 02 Februari 2020 11:36 WIB
    Pentingnya Perawatan Berkala Laher Roda Motor di Musim Hujan
    Air dan debu musuh utama bearing roda. Medcom.id/M. Bagus Rachmanto
    Jakarta: Sebagian bikers mungkin pernah mengalami kondisi ban depan oleng, yang menyebabkan berkendara menjadi tidak nyaman. Bahkan, penumpang yang ada di belakang merasakan ketidaknyamanan.
     
    Jika merasakan gejala tersebut, ada baiknya periksa kondisi bearing/laher roda bagian depan sepeda motor Anda. Karena komponen yang satu ini berfungsi sebagai penghubung antara as roda dan tromol.
     
    Menurut Hendra, mekanik yang praktek di bengkel motor Aren Jaya Motor di bilangan Bekasi Timur, ada beberapa penyebab yang bisa bikin bearing cepat rusak.

    Di antaranya seal atau tutup pelindung karet rusak, yang menyebabkan debu atau air masuk ke bearing sehingga menyebabkan berkarat.

    Sering melewati jalan jalan rusak juga menjadi salah satu penyebab, karena bearing sering kena benturan dan cacat, termasuk melewati polisi tidur/speed trap dengan kecepatan tinggi. Selain itu karena kesalahan pemasangan atau lupa memasang collar atau bos as, yang berada di tengah di antara kedua bearing bagian kanan dan kiri.
     
    Hendra menyarankan, bagi para bikers ada baiknya segera periksa kondisi bearing sepeda motornya terutama di saat musim hujan seperti sekarang ini, apalagi sering menerobos banjir atau genangan air. Karena jika didiamkan bisa merusak tromol.
     
    Berdasarkan pengalamannya, lama pengerjaan untuk mengganti bearing roda sepeda motor tidak lebih dari 30 menit, dan harga komponen ini relatif murah dikisaran Rp25 ribu-50 ribu untuk kualitas yang bagus, untuk semua jenis sepeda motor.

    Komponen yang berhubungan dengan keawetan bearing, yaitu kondisi pelek sepeda motor yang tidak baik akan berpengaruh terhadap keselamatan dan kenyamanan berkendara. Lalu bagaimana cara merawat komponen yang satu ini agar selalu dalam kondisi yang prima?
     
    Dikesempatan lain External Training Development PT Daya Adicipta Mustika, Ahmad Rustandi punya jawabannya. Ia menyarankan agar kondisi pelek wajib diperiksa setiap servis rutin. Hal itu bertujuan untuk menjaga keseimbangan dan kerapatan jari-jari.
     
    "Periksa keseimbangan pelek cast wheel (pelek palang). Sedangkan untuk pelek jari-jari, periksa juga keseimbangan dan kerapatan jari-jarinya," kata pria yang akrab disapa Aru itu kepada Medcom.id di Jakarta beberapa waktu lalu.

    Aru juga punya beberapa 'jurus' ampuh cara merawat pelek sepeda motor.
     
    "Biasakan membersihkan pelek setelah selesai berkendara. Terutama saat musim hujan atau setelah menerobos genangan air. Jaga tekanan angin ban jangan sampai kurang karena bisa bikin pelek rusak. Kerusakan diakibatkan benturan keras atau masuk lubang. Terlebih jika dalam kecepatan tinggi," sarannya.
     
    Jika kondisi pelek Anda sudah tidak baik atau tidak seimbang, segera penyetelan ulang. Jika tidak, akan membuat laher roda rusak dan bikin ban habis secara tidak merata.
     
    Untuk pelek jari-jari cukup setel ulang kekencangannya. Sedangkan pelek palang atau racing perawatannya dengan cara di press.



    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id