Tips Knowledge

    Cegah Maling Ban, Jangan Asal Parkir

    Ahmad Garuda, Ekawan Raharja - 03 Februari 2020 15:16 WIB
    Cegah Maling Ban, Jangan Asal Parkir
    Sejumlah kendaraan roda empat terparkir sembarangan di Jalan Pramuka, Jakarta. MI/Dok

    Jakarta: Maling roda atau maling ban mobil saat ini kembali jadi viral. Lantaran bukan hanya terjadi satu atau dua kali dan di tempat yang sama, namun juga terjadi beberapa kali di tempat yang berbeda. Kalau sudah begini, selain mengganti baut roda dengan kunci khusus, juga harus lebih waspada.

    Menurut Corporate Public Relation Officer WPS, Satriawan Agung Prabowo saat berbincang kepada medcom.id, bahwa sekarang parkir mobil jangan sembarangan atau asal parkir saja. Harus melihat kondisi dan terpenting mobil tersebut bisa dipantau langsung.


    "Banyak tempat parkir yang disusupi oleh maling roda ini dan biasanya mereka cukup lihai beraksi. Tidak butuh waktu lama untuk membuka baut ban mobil yang masih standar. Dan ini membuat maling ban itu akan sulit terdeteksi. Sehingga dibutuhkan perhatian ekstra untuk memarkir kendaraan. Terutama di zona seperti rest area," klaim pria yang akrab disapa dengan Tumenggung itu.

    Ia pun memberikan tips agar mobil gampang dikontrol. Terutama ketika tidak ada tempat parkir yang kosong lagi dan harus parkir di tempat yang jauh dari jangkauan mata.

    "Sedapat mungkin perhatikan tempat-tempat yang ada kamera CCTV-nya dan terjangkau. Sehingga maling merasa segan untuk beraksi. Lalu yang kedua adalah sebisa mungkin di dalam mobil ada yang stand-by dan mobil dalam posisi hidup. Sehingga jika ada kejanggalan terjadi, bisa segera diatasi."

    Hal lain yang Ia garis bawahi adalah kepedulian jika melihat ada orang lain yang mencabut ban mobil dan lebih dari satu ban. Jika memang terjadi kebocoran, logikanya biasa hanya satu ban saja. Namun jika sudah lebih dari satu ban, bisa dicurigai sebagai keanehan dan bisa segera ditanyakan.

    Semoga ini menjadi tips yang ampuh untuk mencegah maling beraksi dan silahkan dipraktekkan.



    (UDA)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id