Safety Riding

    5 Hal Wajib yang Dikenakan Ketika Mengendarai Motor

    Ekawan Raharja - 18 September 2020 14:00 WIB
    5 Hal Wajib yang Dikenakan Ketika Mengendarai Motor
    Gunakan perlengkapan berkendara yang sesuai agar perjalanan dengan sepeda motor aman dan nyaman. Honda
    Jakarta: Berkendara menggunakan sepeda motor masih menjadi salah satu alternatif masyarakat untuk berpindah tempat. Namun sadarkah kita peranti berkendara menjadi modal sangat penting untuk menjaga keamanan, kenyamanan, sekaligus kesehatan?
     
    Safety Riding Department Head PT Astra Honda Motor, Johanes Lucky Margo Utomo, mengutarakan ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan saat berkendara. Selain memastikan kondisi tubuh sehat secara jasmani dan rohani, lakukan juga pemeriksaan kendaraan secara berkala, serta pemanasan sebelum berkendara.
     
    ”Naik motor tanpa perlengkapan berkendara tidak kami sarankan. Perangkat mengendarai sepeda motor harus dipakai Agar berkendara tetap aman dan nyaman. Tubuh kita butuh perlindungan dari efek benturan, benda asing, cuaca, atau bahkan virus dan penyakit yang mengintai,” ujar Lucky melalui pesan elektroniknya.
     
    Jadi, apa saja perlengkapan berkendara yang perlu menjadi perhatian dan menjadi peranti wajib?
     

    1. Helm

    Helm berfungsi melindungi kepala dan otak dari dampak negatif benturan dengan jalan, benda asing, juga polusi udara. Contohnya, asap knalpot kendaraan lain yang tidak langsung terpapar ke mata saat menggunakan kaca helm dengan baik.
     
    Pastikan helm berlabel SNI yang sudah melalui tahap pengetesan, baik kemampuan menyerap benturan maupun daya tahan terhadap cuaca. Ukuran helm juga harus pas serta dilengkapi dengan kaca untuk mencegah wajah terpapar langsung dengan benda asing seperti debu, ranting, bahkan batu.
     
    Gunakan helm sendiri, bukan pinjam atau helm yang digunakan bersama. Ini agar helm lebih higienis sehingga tidak menimbulkan masalah pada rambut, wajah, atau kulit pengendara yang diakibatkan kuman, jamur, atau bahkan bakteri dan virus tertentu.
     
    ”Usahakan helm tetap kering, karena bila kita menggunakan helm yang basah dapat menyebabkan masalah pada kesehatan kita. Paling penting, seberapa mahal helm, bila tidak di-klik tali helmnya, maka helm itu tidak berfungsi dengan baik,” kata Lucky.

    Halaman Selanjutnya
      2. Jaket Jaket berfungsi…
    Read All

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id