Tips Otomotif

    Sudah Punya Skutik, Tahu Cara Merawat V-Belt Belum?

    Ekawan Raharja - 02 Agustus 2021 10:00 WIB
    Sudah Punya Skutik, Tahu Cara Merawat V-Belt Belum?
    V-Belt berada di dalam CVT. Honda



    Jakarta: Skuter Matik (skutik) merupakan model sepeda motor yang mudah untuk dioperasikan karena tidak perlu melakukan perpindahan gigi ketika dikendarai alias hanya mengandalkan gas dan rem saja. Kemudahan yang ditawarkan ini berkat teknologi Continuous Variable Transmission (CVT) di mana model transmisi ini bisa menyalurkan tenaga dari mesin ke roda secara otomatis.
     
    Di dalam CVT terdapat berbagai komponen, salah satunya yang akan dibahas adalah V-Belt yang berfungsi menghubungkan mesin dan roda. Pihak pabrikan telah menetapkan bahwa komponen ini memiliki umur dan perlu perawatan agar bisa bekerja hingga akhir masa pemakaian.
     
    Technical Service Division AHM, Endro Sutarno, mengatakan v-belt merupakan komponen yang sangat penting bagi skutik sebagai penggerak roda. Kinerja mesin yang optimal tidak akan terasa bagi pengendara apabila v-belt berada dalam kondisi yang tidak prima.
     
    “V-belt merupakan komponen yang tidak dapat dilihat langsung kondisinya oleh pengendara karena berada di dalam CVT, namun perannya sangat penting dalam menunjang performa skutik kesayangan. Pengecekan secara berkala di bengkel resmi sesuai dengan buku panduan servis sangat kami sarankan agar kondisi v-belt tetap prima dan ditangani oleh teknisi yang tepat,” ujar Endro.
     
    Technical Service Division PT Astra Honda Motor kemudian membeberkan bagaimana perawatan V-Belt supaya bisa maksimal digunakan;

    Halaman Selanjutnya
      1. Rutin Cek V-belt…


    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id