Tips Otomotif

    Selain Menghalau Silau, 3 Manfaat Lain Kaca Film di Mobil Kesayangan

    Ekawan Raharja - 31 Maret 2021 15:00 WIB
    Selain Menghalau Silau, 3 Manfaat Lain Kaca Film di Mobil Kesayangan
    Ilustrasi. V-Kool



    Jakarta: Para pemilik mobil sekarang ini biasanya sudah menggunakan kaca film untuk mengurangi panas dan intensitas sinar matahari. Meski demikian, ternyata ada 3 keuntungan lain yang didapatkan apabila menggunakan kaca film di mobil kesayangan.
     
    Honda melalui laman resminya, membagikan 3 manfaat menggunakan kaca film mobil. Berikut manfaatnya:
     

    1. Meminimalisir Resiko Saat terjadi Kecelakaan

    Kaca mobil biasanya didesain untuk mencegah kaca pecah berhamburan saat terjadi kecelakaan. Namun, pengaplikasian kaca film dapat semakin membantu fungsi tersebut.
     
    Kaca film mobil dapat berfungsi sebagai penahan tambahan sehingga meminimalisir kerusakan saat kaca mobil pecah. Bahan kaca film biasanya mengandung polyester, logam, dan perekat khusus sehingga membantu kaca yang pecah untuk tetap saling merekatan, dan mengurangi kemungkinan melukai penumpang di kabin.
     

    2. Menghemat Energi AC Mobil

    Dengan memasang kaca film, paparan sinar matahari yang masuk ke dalam kabin dapat dikurangi sehingga kabin terasa lebih sejuk dan tidak menyilaukan. Kabin yang sejuk dapat mengurangi usaha AC untuk mendinginkan kabin sehingga lebih hemat energi.
     
     

    3. Meningkatkan Keamanan dan Privasi

    Saat menggunakan kaca film, orang di luar mobil menjadi lebih sulit untuk melihat ke dalam sehingga memberikan privasi lebih bagi pengendara dan penumpang. Selain itu, hal ini juga berguna untuk mencegah barang-barang bawaan terlihat dengan mudah dan meminimalisir kemungkinan terjadinya pencurian.
     
    Sebagai tambahan informasi, penggunaan kaca film juga sudah diatur melalui Surat Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KM. 439/U/Phb-76 tentang Penggunaan Kaca Pada Kendaraan Bermotor. Pemilik kendaraan diperbolehkan menggunakan kaca film dengan persentase penembusan cahaya minimal 70 persen, sedangkan khusus untuk kaca depan dan belakang boleh menggunakan kaca film dengan persentase penembusan cahaya minimal 40 persen.

    (ERA)
    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id