Mudik Pakai Mobil Baru? Jangan Lupa Servis Pertama

    Ekawan Raharja - 22 Mei 2019 10:12 WIB
    Mudik Pakai Mobil Baru? Jangan Lupa Servis Pertama
    servis berkala 1.000 km merupakan salah satu pertimbangan pemberian garansi karena syarat utama warranty atau garansi adalah rutin melakukan servis berkala di bengkel resmi. Auto2000
    Jakarta: Banyak di antara pemudik di tahun ini yang menggunakan mobil baru untuk keperluan mudik Lebaran tahun ini. Harapannya menggunakan mobil baru pasti tidak mudah rewel di jalan.

    Tak ada salahnya dengan pemahaman tersebut. Namun perlu diingat komponen mobil butuh waktu untuk beradaptasi dengan kondisi lingkungan dan terjadi penyesuaian antar komponen bergerak, dikutip dari Auto2000.

    Memang teknologi terkini membuat kualitas buatan suku cadang meningkat dan celah kesalahan semakin kecil. Tapi tetap saja butuh waktu agar terjalin kerjasama yang baik antar komponen sehingga mereduksi potensi kerusakan. Sehungga bagi pengguna mobil baru wajib menjalani servis berkala 1.000 km atau satu bulan pertama, tergantung mana yang tercapai lebih dahulu.

    Mengapa servis berkala tersebut menjadi menu wajib?
    Tujuannya untuk memastikan kondisi kendaraan dalam keadaan sesuai standard dan bekerja atau berfungsi optimal setelah digunakan pelanggan dalam kurun waktu 1 bulan dari penyerahan. Selain itu, servis berkala 1.000 km atau satu bulan pertama merupakan media penting guna memastikan bahwa mobil baru yang dibeli berada dalam kondisi prima.

    Atau seperti yang telah disebutkan di atas, ada metode penggunaan mobil oleh pengguna yang kurang pas sehingga ada komponen mobil yang rusak. Deteksi dini membuat kerusakan tidak bertambah besar dan menjalar, sehingga langsung bisa diperbaiki dan Anda terhindar dari risiko perbaikan.

    Yang terutama dan tak kalah penting, servis berkala 1.000 km merupakan salah satu pertimbangan pemberian garansi karena syarat utama warranty atau garansi adalah rutin melakukan servis berkala di bengkel resmi.

    Ambil misal, ada masalah sepele di mobil baru yang dibeli. Tapi karena lupa atau malas melakukan servis berkala bulan pertama, kerusakan tersebut malah semakin membesar dan membuat harus mengganti komponen yang rusak.

    Kalau sampai ini terjadi, ada potensi klaim warranty Anda ditolak oleh bengkel resmi. Termasuk risiko mobil mengalami masalah di jalan karena tidak ada pemeriksaan sebelum berangkat mudik. Mobil mogok saat mudik, plus ada risiko garansi tidak bisa diklaim karena alpa melakukan servis berkala 1 bulan pertama.



    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id