Tips Otomotif

    Menangkal Karat Di Mobil Akibat Musim Hujan

    Ekawan Raharja - 20 Februari 2021 12:00 WIB
    Menangkal Karat Di Mobil Akibat Musim Hujan
    Jangan sampai mobil terkena karat karena bisa timbul masalah lainnya yang berbahaya. Auto2000



    Jakarta: Salah satu masalah laten di tengah cuaca tidak menentu seperti sekarang ini adalah karat. Karat yang dialami oleh logam terjadi karena adanya reaksi kimia atau korosi dengan akibat kerusakan di permukaan besi, termasuk sasis dan body. Ibarat kanker di tubuh manusia, karat akan menyebar dengan cepat dan sulit diatasi jika sudah mencapai level parah.
     
    Di tahap ini pemilik mobil membutuhkan keahlian tim Body & Paint (BP) untuk mengembalikan body mobil ke kondisi semula. Sebelum kerusakan terjadi, Auto2000 membagikan tips untuk para pemilik mobil untuk bisa melakukan langkah pencegahan sehingga karat tidak timbul di body.
     
    Pemicu karat mudah tumbuh adalah kandungan mineral yang tinggi pada air laut. Makanya, pemilik mobil yang tinggal atau sering beraktivitas di wilayah dekat pantai harus lebih hati-hati merawat mobilnya karena sifat air laut yang korosif. Berikutnya adalah air hujan yang juga mengandung mineral dan memiliki tingkat keasaman tinggi, terutama di wilayah perkotaan dengan level polusi tinggi.
     
    Benturan atau tabrakan yang membuat cat mobil terkelupas bisa dimanfaatkan oleh karat untuk tumbuh lantaran hilangnya lapisan pelindung body mobil. Termasuk kotoran seperti lumpur atau kotoran binatang yang dapat mengikis permukaan cat. Atau yang sepele, penggunaan alat mencuci mobil seperti sikat kawat atau cairan pembersih yang terlalu kuat dapat mengikis lapisan cat atau anti karat.
     
    Kunci dari pencegahan proses korosi di body adalah menjaga kebersihan mobil seoptimal mungkin. Di tengah kondisi cuaca tidak menentu seperti sekarang, pemilik harus mencuci mobil sesering mungkin untuk memastikan sisa air hujan dan kotoran tidak menempel. Pastikan mobil kering sempurna dan tidak lembab, terutama area kolong, celah dan sambungan di mobil yang merupakan bagian paling rawan karat.

    Halaman Selanjutnya
      Perhatikan jika ada bagian…


    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id